27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai September

Kominfo terapkan Working From Home

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat sampai Jumat (28/8/2020) pukul 16:00 WIB  ada 27 pegawai positif COVID-19. Jumlah tersebut termasuk 7 pejabat Kominfo yang dikabarkan positif Jumat pagi tadi.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, kemudian menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau working from home (WFH) menyusul adanya laporan pegawai Kementerian Kominfo yang positif COVID-19.

"Menurut informasi yang saya peroleh pagi ini, ada 7 pejabat dan staf Kominfo yang dikonfirmasi positif. Mereka bekerja di gedung yang berbeda di lingkungan Kantor Kominfo," ujarnya melalui siaran tertulis, Jumat (28/8/2020).

1. Kantor dibuka 7 September 2020

27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai SeptemberIlustrasi bekerja di rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Johnny mengungkapkan penerapan sistem WFH diambil sebagai langkah pencegahan agar pegawai Kominfo tidak tertular COVID-19.  

"Pegawai di kantor pusat akan melaksanakan WFH dan akan kembali bekerja di kantor pada 7 September 2020," ujarnya.

2. Hasil swab Johnny negatif COVID-19

27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai SeptemberANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Johnny mengungkapkan dia juga telah melakukan pemeriksaan PCR-Swab secara periodik. Hasilnya negatif. Meski demikian,  Johnny memastikan Kementerian Kominfo tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin.

"Saya telah instruksikan agar menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan berkala, dan mengurangi pertemuan dalam ruang tertutup dengan jumlah peserta yang banyak," paparnya

3. Tiga Gedung Kominfo disemprot disinfektan

27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai SeptemberIDN Times/ Muchammad

Johnny segera menginstruksikan pembersihan dan disinfektan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di tiga Gedung Kantor Pusat Kementerian Kominfo yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat 9 Gambir, Jakarta Pusat.

"Beberapa lantai dan Gedung Kominfo sedang didisinfektan dan untuk sementara pegawai yang bekerja di kantor pusat melakukan work from home," jelasnya.

4. Layanan Kominfo tetap berjalan

27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai SeptemberPetugas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menunjukkan halaman situs direktori UMKM Indonesia, lakumkm.id yang dibuat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jakarta, Kamis (16/7/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Johnny memastikan selama WFH layanan Kementerian Kominfo akan tetap berjalan.

"Layanan Kementerian Kominfo sudah bisa diakses secara virtual. Dan saya akan berkantor di Widya Chandra," ungkapnya.

Dari 27 pegawai tersebut saat ini 15 orang telah sembuh, 12 orang dalam proses penyembuhan. Sampai hari imi tidak ada satupun pegawai yang meninggal karena COVID-19.

Baca Juga: Pegawai Positif COVID-19, Kantor Kominfo Lockdown Sementara

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya