Comscore Tracker

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena Komplikasi

Sempat menjalani perawatan intensif sepekan di rumah sakit

Jakarta, IDN Times – Kabar duka menyelimuti Tanah Air. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, mengampuni segala dosa dan kesalahannya, dan memasukkan ke surgaNya. Aamiin Ya Robbal Alamin," demikian kabar yang disampaikan potikus PDI Perjuangan sekaligus anggota Komisi II DPR, Junimart Girsang, secara tertulis. 

Tjahjo Kumolo sempat menjalani perawatan intensif beberapa hari lalu sebelum mengembuskan nafas terakhir pukul 11.10 WIB.

Berikut IDN Times merangkum fakta-fakta sosok Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Menteri Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat Intensif Sejak Pertengahan Juni

1. Tjahjo lahir di Surakarta

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena KomplikasiMenpan RB Tjahjo Kumolo saat keterangan pers usai Ratas Evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, pada Senin (3/1/2022). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dilansir dari laman resmi, tjahjokumolo.id, Tjahjo Kumolo, merupakan pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957.

Dia merupakan seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju. Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

2. Tjahjo memulai karier di dunia politik sejak 1980-an

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena Komplikasi(Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Dok. Kemendagri.go.id)

Tjahjo memulai karier politiknya sejak muda. Usai lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang tahun 1985, dua tahun kemudian ia mulai meniti karier politik. Nyatanya pada tahun 1987, Tjahjo berhasil melenggang ke gedung parlemen Senayan dari Partai Golkar dan duduk di komisi III yang membidang isu hukum.

Di tahun yang sama, Tjahjo juga sempat menjabat sebagai anggota panitia khusus RUU Hankam dan RUU Keprajuritan dari Fraksi Golkar. Setelah masa jabatannya berakhir, Tjahjo mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR dari dapil Jawa Tengah I.

Ia kemudian kembali terpilih sebagai anggota DPR pada masa periode 1992-1997. Setahun setelah itu, pada 1998, Tjahjo kemudian pindah ke partai politik lain yakni PDI Perjuangan.

Baca Juga: Rekam Jejak Tjahjo Kumolo, Politikus yang Rasakan Tiga Kursi Menteri

3. Karier politik Tjahjo semakin cemerlang

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena KomplikasiPuspen Kemendagri

Karier politik Tjahjo semakin cemerlang dari tahun ke tahun. Selain berhasil menduduki jabatan tinggi di partai sebagai Sekjen PDI Perjuangan.

Tjahjo juga sudah enam kali duduk sebagai anggota DPR. Bahkan, ia duduk di parlemen sejak awal meniti karier pada 1987 lalu.

4. Di periode pertama kepemimpinan Jokowi, Tjahjo dipilih jadi Mendagri

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena KomplikasiIDN Times/Margith Juita Damanik

Ketika Jokowi terpilih untuk kali pertama pada pemilu 2014, ia kemudian ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri menggantikan Gamawan Fauzi. Menurut Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dodi Riyatmadji, ketika Tjahjo tiba kali pertama di kementerian itu, ia tidak ingin disambut secara mewah.

"Kami sudah berbicara dengan Pak Sekjen dan Pak Tjahjo. Beliau tidak mau ada sambutan mewah, mungkin karena ini kabinet kerja, jadinya memang harus kerja," kata Dodi ketika itu.

Baca Juga: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

5. Tjahjo menjalani perawatan intensif di rumah sakit

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena KomplikasiMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (pakai kacamata). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Keberadaan Tjahjo menjadi tanda tanya publik lantaran ia absen dalam acara rakernas PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung pada 21-23 Juni 2022. Sekretaris Kemenpan-RB, Rini Widyantini, membantah kabar yang menyebut Tjahjo sedang mengalami koma. Ia hanya menyebut Tjahjo sedang dirawat secara intensif di rumah sakit.

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini saat dikonfirmasi, Jumat (24/6/2022).

6. Tjahjo mengalami komplikasi

6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena KomplikasiIDN Times/Helmi Shemi

Pada Jumat (1/7/2022), politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menyampaikan, Tjahjo Kumolo meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya. Tjahjo dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat lebih dari sepekan.

“Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multi organ ya," kata Hendrawan saat dihubungi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya