Ajib, Pengunjung PRJ Bisa Langsung Cicipi Dodol Betawi dari Wajan

Dodol Betawi dimasak langsung di lokasi

Jakarta, IDN Times - Jakarta Fair atau yang lebih populer disebut Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan acara yang digelar tiap tahun, untuk memperingati HUT Kota Jakarta. 

Di Jakarta Fair 2023, pengunjung bisa menikmati berbagai aneka kuliner, belanja pakaian, sepatu, sandal, otomotif, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

Dari berbagai macam booth, pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Betawi mulai kerak telor, toge goreng sampai dodol Betawi.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, salah satu yang menarik perhatian adalah gerai dodol Betawi. Gerai ini memperlihatkan pembuatan dodol secara langsung dan memperbolehkan pengunjung mencicipi. Maka tak heran jika para pengunjung silih berganti mendatangi gerai ini.

 

 

 

1. Penjual dodol suguhkan dodol yang dimasak secara langsung

Ajib, Pengunjung PRJ Bisa Langsung Cicipi Dodol Betawi dari WajanPenjual Dodol Betawi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Stan dodol Betawi ini juga terletak tidak jauh dari pintu masuk. Aroma dodol hangat yang semerbak seolah mengajak pengunjung yang masuk untuk mencicipi langsung.

Penjual dodol Betawi yakni Jarwo terlihat sedang mengaduk dodol yang dimasak dalam wajan yang besar. Sesekali dia mengusap keringat yang membanjiri wajah dengan tisu.

"Dodol Betawinya bisa nyobain langsung," ujarnya menawarkan pengunjung yang datang pada Jumat (3/6/2023) malam.

Baca Juga: Pengunjung Ini Bikin Heboh PRJ dengan Berdandan ala Siluman Ular Putih

2. Pengunjung bisa rasain dodol langsung dari wajan

Ajib, Pengunjung PRJ Bisa Langsung Cicipi Dodol Betawi dari WajanPenjual Dodol Betawi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jarwo mengatakan pengunjung bisa mencicipi langsung dodol yang masih diolah diatas wajan. Dia menerangkan dodol yang dimasak semua original namun berbeda warna karena satu dibuat dari ketan putih, satunya ketan hitam.

"Nyobain boleh," ujarnya menawarkan

Dia menunjukkan stik kayu yang digantung di rak untuk mencicipi dodol. IDN Times mencicipi dodol berwarna coklat. Benar saja, rasa dodol yang hangat dan legit bikin nagih.

3. Harga dodol Betawi mulai Rp15 ribu

Ajib, Pengunjung PRJ Bisa Langsung Cicipi Dodol Betawi dari WajanPekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jarwo mengatakan tidak hanya rasa original, pihaknya juga menjual dodol berbagai macam varian rasa namun dalam bentuk gulungan dengan harga mulai Rp15 ribu.

Meski enggan membeberkannya omzet per harinya, namun Jarwo mengakui banyak pengunjung yang membeli dodom betawi.

"Kebanyakan nyari yang original," imbuhnya.

Baca Juga: Syarat Ikut Tantangan Keluarkan Emas 7 Kg di PRJ, Dicatat Ya!

4. PRJ digelar sampai 16 Juli lho

Ajib, Pengunjung PRJ Bisa Langsung Cicipi Dodol Betawi dari WajanPekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Diketahui, perhelatan event Jakarta Fair Kemayoran (JFK) atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), bakal digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, selama 33 hari, mulai 14 Juni hingga 16 Juli 2023.

Marketing Director JiExpo Kemayoran, Ralph Scheunemann, mengatakan Jakarta Fair Kemayoran tahun ini akan diikuti 2.500 perusahaan peserta. Sebanyak 1.500 stan dari berbagai produk unggulan, yang memberikan diskon khusus.

"Tenant ada 2.500 perusahaan dengan 1.500 booth, dan yang menggembirakan adalah pembagiannya itu kurang lebih adalah 60 persen pihak swasta dan 40 persen UMKM," kata Ralph yang dikutip dari ANTARA, Kamis, 8 Juni 2023.

Ia menjelaskan, Jakarta Fair telah digelar selama 54 kali, sejak pertama kali diselenggarakan pada 1968. Acara tahunan tersebut sempat ditiadakan pada 2020 dan 2021, akibat pandemik COVID-19.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya