Anggota DPRD Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagap Hadapi Banjir

Program naturalisasi Anies masih abu-abu, beda dengan Ahok

Jakarta, IDN Times - Anggota DPRD DKI, William Yani, menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar meniru langkah Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok saat mengatasi persoalan banjir.

"Saran saya, tidak usah ragu-ragu minta blueprint ke Ahok, pakai saja itu jangan gengsilah," ujar William saat dihubungi IDN Times, Senin (29/4).

Baca Juga: Korban Banjir Pejaten Timur Sempat Ngopi dan Ngerokok Sebelum Air Naik

1. Program Anies Baswedan masih abu-abu

Anggota DPRD Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagap Hadapi BanjirDok.IDN Times/Istimewa

Politikus PDI Perjuangan itu menilai, program naturalisasi sungai yang digadang-gadang Anies bisa mengatasi banjir di Jakarta sampai saat ini masih abu-abu.

"Sampai sekarang, program naturalisasi sudah dilakukan belum? Perencanaannya kapan? Pelaksanannya gimana? Kalau sungai sudah terlanjur menyempit, apa dilakukan samping rumah? Menurut saya, proyek ini masih abu-abu," ungkap William.

2. Anies gagap hadapi banjir

Anggota DPRD Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagap Hadapi BanjirANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Menurut William, mantan menteri pendidikan tersebut juga gagap menghadapi banjir yang melanda sejumlah wilayah Jakarta.

Wiliam mencontohkan, pembangunan dua tanggul di hulu yang ditargetkan rampung tahun ini belum bisa mengatasi banjir.

"Perencanaan Anies kurang komprehensif, jika sungainya tidak dilebarkan, apa bisa menampung aliran air yang datang dari Bogor? Ya, kalau hujannya di Bogor, kalau hujan deras di Jakarta?" ungkap ia.

3. Beda dengan Ahok, Anies tidak siap hadapi banjir

Anggota DPRD Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagap Hadapi BanjirAntara

William pun membandingkan penangganan banjir era kepemimpinan Ahok. Menurutnya, saat Ahok menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta, sudah banyak persiapan dilakukan sebelum memasuki musim hujan.

"Zaman Ahok, sebelum musim hujan datang, kita sudah bisa melihat bagaimana masifnya pengerjaan pengerukan saluran. Banyak alat-alat berat bekerja yang rusak diganti, sekarang gak ada, kan," ujar ia.

Kemudian saat Ahok memimpin, petugas langsung beraksi ketika terlihat ada genangan air di ibu kota.

4. Hujan di Bogor tenggelamkan Jakarta

Anggota DPRD Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagap Hadapi BanjirANTARA FOTO/Risky Andrianto

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur wilayah Bogor pada Kamis (25/4) malam menyebabkan status Bendung Katulampa siaga I dan Pintu Air Depok menjadi siaga I pada Jumat (26/4), pukul 00.43 WIB dini hari.

"Akibat hujan di Bogor, sejumlah wilayah di Jakarta pagi ini terkena banjir dengan ketinggian rata-rata 20 sampai 170 sentimeter," ujar Kepala UPT Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta M Ridwan, Jumat (26/4).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan, hingga pukul 07.00 WIB, Jumat (26/4), terdapat 17 titik banjir di sejumlah wilayah Jakarta.

Baca Juga: Rel Kereta di Pasuruan Banjir, Calon Penumpang di Madiun BatalkanTiket

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya