Balap Formula E 2024 Digelar di Tengah Kota Jakarta, Jalan Sudirman? 

Formula E akan dilanjutkan sampai 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengatakan, ajang balap mobil listrik Formula E pada 2024 mendatang tidak lagi menggunakan sirkuit di Ancol, Jakarta Utara, tetapi akan mengunakan street sirkuit dalam kota.

Meski belum ditentukan lokasi yang akan dijadikan street sirkuit itu, tetapi ia mengungkapkan, kemungkinan balap mobil listrik ini dilakukan di sekitar tengah kota Jakarta, seperti Jalan Sudirman.

"2024 kemungkinan besar, tadi kita sudah bicara dengan Gubernur, kita tidak lagi di sirkuit Ancol tetapi kita street sirkuit dalam kota, Jalan Sudirman, atau depan Balai Kota. Nah ini lebih menarik," katanya.," ujar Bamsoet dalam siaran tertulis, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Bamsoet Maklumi Ketua DPRD DKI-Wali Kota Medan Mundur dari Formula E

1. Formula E tidak menggunakan APBN atau APBD

Balap Formula E 2024 Digelar di Tengah Kota Jakarta, Jalan Sudirman? IDN Times/Arief Rahmat

Pria yang disapa Bamsoet ini menambahkan, untuk pelaksanaan Formula E tahun 2023 tidak akan memakai anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Penyelenggaraannya akan menggunakan pembiayaan dari skema business to business, seperti pariwisata olahraga (sport tourism). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Kemudian, sebagai Ketua Umum IMI, saya juga sepakat dengan Pak Pj Gubernur, kami start dari buku baru, start from zero. Buku baru ini tidak boleh ada celah hukum sedikit pun yang bisa menimbulkan persoalan. Karena itu, dari awal saya sudah minta tolong pada Jamintel (Jaksa Muda Agung Intelijen) dan Kejati untuk melakukan pendampingan," kata Bamsoet.

Baca Juga: Alasan Bobby Nasution Mundur dari Kepanitiaan Formula E 2023

2. Formula E akan dilanjutkan sampai 2024

Balap Formula E 2024 Digelar di Tengah Kota Jakarta, Jalan Sudirman? Potret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, mengucapkan terima kasih telah diterima oleh Pj Gubernur DKI dan mendapatkan kepastian Formula E akan diselenggarakan pada 4 sampai 5 Juni 2023 dan dilanjutkan hingga 2024.

"Saya ingin berterima kasih pada semua pihak yang menyelenggarakan pertemuan hari ini. Yang paling penting juga untuk Jakarta, untuk Indonesia, karena telah menjadi salah satu negara penggemar Formula E. Setiap balapan Formula E, ditonton hingga 5 sampai 8 juta orang secara langsung di televisi Indonesia," ucap Alberto.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Bakal Evaluasi Zonasi di Depo Pertamina Plumpang

3. Formula E dilakukan dengan skema business to business (B2B)

Balap Formula E 2024 Digelar di Tengah Kota Jakarta, Jalan Sudirman? Potret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menegaskan, pelaksanaan balap mobil listrik Formula E akan dilakukan dengan skema business to business (B2B).

"Agenda kegiatan Formula E adalah kegiatan umum yang dilaksanakan melalui skema business to business. Dari pertemuan tadi, kita sama-sama memahami bahwa kegiatan ini antara Jakpro dengan Formula E," kata Heru.

Ia menilai, kegiatan Formula E yang akan dilaksanakan pada Juni tahun ini merupakan kegiatan balap mobil seperti pada umumnya. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersilakan kegiatan tersebut digelar di Kota Jakarta.

"Karena itu termasuk kegiatan umum, silakan saja," ujar Heru.

Baca Juga: Usai Tuai Kritik, Ketua DPRD DKI Batal Masuk Panitia Formula E 2023

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya