Bantah Main Game Saat Rapur, Cinta Mega: Hanya Lupa Matikan Tablet

Video anggota Fraksi PDIP ini viral di media sosial

Jakarta, IDN Times - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Cinta Mega, membantah bermain gim pada saat rapat paripurna pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) tahun anggaran 2022. 

Cinta Mega mengatakan, meski layar tablet menunjukkan terbuka aplikasi game, tapi itu terjadi pada waktu sebelum sidang paripurna dimulai.

“Saya menyayangkan pemberitaan itu. Kenyataannya saya bermain game jauh sebelum sidang paripurna dimulai karena waktunya molor. Itu kenyataan sebenarnya. Saya hanya duduk kok, dan saya lupa mematikan layar tablet saya,” kata Cinta Mega dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

 

1. Game dimainkan sebelum sidang paripurna dimulai

Bantah Main Game Saat Rapur, Cinta Mega: Hanya Lupa Matikan TabletPenjabat (Pj) Heru Budi Hartono sampaikan laporan pertanggungjawaban anggaran di Rapur DPRD DKI Jakarta/IDN Times Dini Suciatiningrum

Di samping itu, kata Cinta Mega, menyayangkan karena berbagai media memberitakan dirinya bermain game pada saat paripurna sedang berlangsung. Padahal, layar tablet Cinta Mega menunjukkan game itu dimainkan sebelum sidang paripurna dimulai.

“Saya sama sekali tidak main game pada saat paripurna berlangsung. Tidak ada itu game. Saya mendengarkan semua paparan (Pj Gubernur DKI) Heru Budi,” kata Cinta Mega.

Baca Juga: Parah! Anggota DPRD DKI PDIP Main Game Saat Heru Laporan di Paripurna

2. Publik membutuhkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas

Cinta Mega mengharapkan, semua pihak untuk bekerja secara profesional. Khusus untuk wartawan agar berpedoman terhadap Undang Undang Pers tahun 1999 dan menerapkan kode etik jurnalistik (KEJ) secara ketat. 

Sebagaimana Pasal 3 KEJ bahwa wartawan tidak beritikad buruk, tidak menyiarkan karya jurnalistik (tulisan, gambar, suara, serta suara dan gambar) yang menyesatkan, memutarbalikkan fakta, bohong, bersifat fitnah, cabul, sadis, dan sensasional.

“Saya berharap, bersama-sama dengan teman-teman wartawan, sama-sama belajar bekerja secara profesional. Karena saya dan teman-teman wartawan berperan membangun kehidupan berbangsa. Saya dan publik membutuhkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas yang salah satu fungsinya adalah mendidik publik,” kata Mega.

3. Aksi Cinta Mega juga terekam dalam siaran langsung YouTube DPRD DKI Jakarta

Bantah Main Game Saat Rapur, Cinta Mega: Hanya Lupa Matikan TabletIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Sebelumnya, seorang anggota DPRD DKI Jakarta terciduk melakukan aksi tidak terpuji saat Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta. Anggota DPRD yang mengenakan baju merah muda ini diduga memainkan game slot saat acara berlangsung.

Pantauan IDN Times, aksi anggota DPRD dari Partai PDI Perjuangan, Cinta Mega tersebut sudah memainkan game di iPad saat rapur dibuka oleh Wakil DPRD DKI Jakarta Zita Anjani sampai Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan laporan.

Aksi anggota DPRD terekam video, sontak video ini viral di kalangan media yang tengah meliput langsung rapur dalam ruangan.

Selain itu juga, aksi Cinta Mega juga terekam dalam siaran langsung YouTube DPRD DKI Jakarta dengan judul Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta-20 Juli 2023. Pada menit 23.05 sampai 23.09 terlihat Anggota DPRD DKI ini memenangkan permainan.

 

Baca Juga: Akui Main Game Saat Paripurna, Anggota DPRD DKI: Bukan Slot Judi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya