Bikin Macet! DPRD Usul Parkir On The Street Jalan Sabang Dibubarkan

Keberadaan pedagang menambah macet Jalan Sabang

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Hasan Basri Umar mengusulkan, agar parkir on street di Jalan Agus Salim atau yang lebih dikenal dengan Jalan Sabang, Jakarta Pusat dibubarkan.

Menurut Hasan, saat ini parkir di bahu Jalan Sabang yang merupakan kawasan kuliner sudah membeludak, dan menyebabkan kemacetan.

“Saya usul parkir di Jalan Sabang itu ditertibkan seperti di Malioboro. Jadi orang datang ke situ hanya didrop saja, karena setiap hari itu macet,” ujar dia dalam keterangan, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga: Pemkot Depok Akan Sediakan Parkir On The Street di Jalan Raya Margonda

1. Foto dan viralkan

Bikin Macet! DPRD Usul Parkir On The Street Jalan Sabang DibubarkanIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Selain di Jalan Sabang, Hasan juga mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) DKI lebih gencar menertibkan seluruh ruas jalan di Jakarta. Yakni, menindaktegas kendaraan yang parkir sembarangan. Termasuk mengabadikan lewat foto dan menyebarluaskannya di sosial media. Sehingga memberikan efek jera bagi para pelaku. 

“Saya sarankan Dishub foto kejadian itu, lalu viralkan,” ungkap dia.

 

2. Peraturan harus tegas

Bikin Macet! DPRD Usul Parkir On The Street Jalan Sabang Dibubarkandok. humas Pemprov DKI

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Wawan Suhawan. Ia berharap, dengan adanya penambahan 28 unit mobil derek dapat memperkuat penegakan hukum terhadap pelanggaran parkir.

“Jadi yang paling penting itu adalah ketegasan dari peraturan itu sendiri. Jangan sampai ini kendaraannya sudah ditambah tapi pelanggaran tidak ada penindakannya,” katanya.

3. Trotoar untuk parkir di Jalan Sabang

Bikin Macet! DPRD Usul Parkir On The Street Jalan Sabang DibubarkanIlustrasi Parkir (Dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Pantauan IDN Times, kondisi Jalan Sabang pada Rabu (17/1/2024) pagi, penuh sesak seperti hari biasanya. Badan jalan baik sisi kanan dan kiri, habis untuk parkir mobil. Bahkan, parkir sempat membeludak di pinggir jalan.

Para pejalan kaki harus berjalan di depan toko yang berjejer di Jalan Sabang, karena trotoar menjadi tempat parkir mobil. Suasana tambah ramai dengan munculnya para pedagang di pinggir yang membuat jalanan makin macet.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya