Blusukan ke Kolong Tol, Mensos Risma Ajak Warga Usaha Pecel Lele

Risma juga akan memberikan beasiswa kepada anak pemulung

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali blusukan. Kali ini Risma menemui sekelompok warga penghuni kolong Tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara, Rabu  (30/12/2020).

Risma memotivasi mereka agar memiliki semangat memperbaiki taraf hidup, seraya menawarkan program pemberdayaan. Risma misalnya mempersilakan pria penghuni bawah tol meneruskan profesi sebagai pemulung.

Kepada ibu-ibu akan diajari membuka usaha mikro dengan mengelola warung lele yang peternakaannya dan bibit lelenya sudah dikelola di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) “Pangudi Luhur” Bekasi, Jakarta Barat

“Di belakang itu ada lele (halaman belakang BRSEGP “Pangudi Luhur”) nanti kita buat pecel lele. Atau buat yang lain. Nanti kita bisa jual, ya. Anda semua percaya saja, kalau saya yang meresmikan akan banyak yang membeli,” kata Risma, dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (30/12/2020).

1. Risma akan memberikan beasiswa kepada anak-anak

Blusukan ke Kolong Tol, Mensos Risma Ajak Warga Usaha Pecel LeleMensos Risma temui penghuni kolong tol jembatan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (30/12/2020) (Dok. Kemensos)

Dalam kunjungan yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat tersebut, Risma tak lupa menyapa anak-anak.

”Ayo anak-anak harus jadi anak pinter. Nanti ibu kasih beasiswa ya. Buktikan kalau kalian bisa menjadi sukses meskipun saat ini menjadi penghuni kolong tol,” katanya.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Segera Cair, Risma: Jangan Buat Beli Rokok!

2. Risma ajak warga mengubah nasib

Blusukan ke Kolong Tol, Mensos Risma Ajak Warga Usaha Pecel LeleMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Kepada warga ia menyatakan alasannya mengapa perlu datang ke lokasi ini, semata-mata untuk mengajak mereka mengubah nasib.

“Nanti saya siapkan pulungannya. Saya carikan sampah kementerian untuk panjenengan. Tapi tempatnya tidak di sini Pak, karena tidak sehat. Nanti saya berikan tempat, penjenengan lihat dulu," kata Risma.

3. Risma libatkan lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk menjangkau pemulung

Blusukan ke Kolong Tol, Mensos Risma Ajak Warga Usaha Pecel LeleMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Dalam kesempatan itu, Risma juga mengajak berdiskusi perwakilan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang hadir di lokasi kunjungan.

Risma berencana melibatkan mereka untuk menjangkau pelayanan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Baca Juga: Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya