Comscore Tracker

BMKG: Jakarta dan Sekitarnya akan Diguyur Hujan Lebat Malam Ini

Cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi prakiraan cuaca di wilayah Jakarta masih diguyur hujan lebat disertai petir pada Rabu (26/2).

BMKG memperingatkan agar masyarakat tetap waspada.

"Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakut, Jakbar, Jaksel, Jaktim, dan Jakpus pada dini hari," tulis BMKG di laman resminya.

1. Hujan lebat melanda saat malam hari

BMKG: Jakarta dan Sekitarnya akan Diguyur Hujan Lebat Malam IniBanjir di Pondok Kacang, Tangsel (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pada pagi hari hampir seluruh wilayah Jakarta, baik Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Siang hari cuaca akan berawan, namun saat malam hari hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir akan melanda ibu kota.

Baca Juga: BMKG: Tanah DKI Jenuh Serap Air Hujan, Waspada Banjir Hingga 2 Bulan 

2. Waspada potensi hujan lebat dalam waktu lama

BMKG: Jakarta dan Sekitarnya akan Diguyur Hujan Lebat Malam IniANTARA FOTO/Fauzan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo mengingatkan masyarakat agar waspada dengan segala potensi hujan lebat dalam waktu lama di banyak daerah di Indonesia, termasuk kawasan Jabodetabek.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah belahan bumi selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia," kata Prabowo dilansir dari Antara.

3. Cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang

BMKG: Jakarta dan Sekitarnya akan Diguyur Hujan Lebat Malam Ini(IDN Times/Rochmanudin)

Dia mengatakan sebelumnya BMKG juga sudah mengeluarkan pengumuman kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem pada Minggu (23/2) lalu. Cuaca ekstrem  masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang.

Saat ini, kata dia, banyak wilayah di Indonesia yang mengalami dampak dari badai tropis Ferdinand. 

Baca Juga: Banjir Kepung Jakarta, Anies Sudah Tahu Cuaca Ekstrem Sejak Desember 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya