Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAI

Beasiswa Djarum cetak atlet berprestasi dan harumkan Bangsa Indonesia di dunia

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melayangkan surat ke Komisi Perlindungan Anak (KPAI) terkait polemik penghentian audisi bulu tangkis PB Djarum pada 2020 mendatang.

Surat bernomor S.8.30.1/MENPORA/SET.BII/VIII/2019 merupakan tanggapan atas surat KPAI yang dilayangkan pada 29 Juli 2019 tentang permohonan pemberhentian audisi Djarum Foundation.

1. Dugaan KPAI kurang tepat

Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAIIDN Times/PBSI

Dalam surat tertanggal 30 Agustus 2019, Imam Nahrawi menghormati tugas KPAI sebagai bentuk kewenangan atributif. Namun ia menilai tuduhan bahwa ada eksploitasi anak pada audisi PB Djarum tidaklah tepat.

"Sampai saat ini Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak melihat terpenuhinya unsur kegiatan yang dapat dikualifikasikan sebagai tindakan dimaksud sebagaimana diatur dalam batang tubuh maupun dalam penjelasan ketentuan Pasal 13 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," tulis Imam dalam salinan surat tersebut.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dukung Audisi PB Djarum Jalan Terus

2. Imam Nahrawi bandingkan logo merk dagang dengan Djarum Foundation

Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAIPB Djarum

Dalam poin ke tiga, Imam Nahrawi membandingkan perbedaan logo produk merek dagangnya dan Djarum Foundation.

Imam Nahrawi memaparkan, berdasarkan pencermatan, Djarum Foundation yang merupakan pengelola dana CSR PT. Djarum telah melaksanakan ketentuan Pasal 27 huruf h dan huruf I. Pasal 28 huruf d, dan pasal 37 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat aditif berupa produk.

Logo produk tembakau termasuk brand image produk tembakau, dan tidak bertujuan mempromosikan produk tembakau.

3. Beasiswa PD Djarum merupakan alternatif pendanaan APBD APBN terbatas

Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAIIDN Times/PBSI

Imam Nahrawi mengungkapkan Djarum Foundation telah membantu keterbatasan APBN dan APBD dalam mendanai olahraga.

"Ini merupakan alternatif pendanaan yang berkecukupan dan berkelanjutan sehingga sangat disayangkan apabila dihentikan dengan dugaan yang tidak benar," tegasnya.

4. Djarum Foundation cetak atlet berprestasi

Buntut Penutupan Audisi PB Djarum, Menpora Surati KPAIInstagram.com/PBDjarumOfficial

"Seluruh kegiatan Djarum Foundation khususnya beasiswa bulu tangkis telah berhasil mencetak atlet badminton kelas dunia yang telah mengharumkan bangsa Indonesia pada kejuaraan Internasional," terangnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga mengharapkan dukungan KPAI untuk bersama sama menggalakkan penggalangan partisipasi masyarakat untuk menambah alternatif sumber pendanaan olahraga guna mendorong lahirnya atlet potensial di berbagai cabang olahraga yang diproyeksikan mengharumkan nama Bangsa Indonesia pada berbagai kejuaraan olahraga internasional.

Baca Juga: Ini Dia 5 Atlet Jebolan PB Djarum yang Punya Prestasi Mendunia 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya