Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke Jokowi

Sultan ingin mendapatkan keadilan

Jakarta, IDN Times - Perjuangan Sultan Rif’at Alfatih untuk mendapatkan keadilan terus berjalan. Kini, Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya, Malang itu mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Menko Polhukam RI Mahfud MD atas musibah yang menimpanya.

Pria berusia 20 tahun tersebut kini cacat setelah terjerat kabel fiber optik yang menjuntai di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan pada 5 Januari 2023 lalu.

"Bapak Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia dan Mahfud MD selaku Menko Polhukam RI. Kondisi saya saat ini sedang tidak baik-baik saja. Saya adalah korban kecelakaan," ujarnya dalam surat terbuka yang ditunjukan pada pada awak media, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Jokowi Dihina Rocky Gerung, Mahfud MD: Presiden Tak Mau Lapor

1. Makan dan minum menggunakan selang NGT

Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke Jokowiilustrasi makan (IDN Times/Mardya Shakti)

Sultan Rif’at mengungkapkan, akibat kecelakaan tersebut sampai saat ini dia makan dan minum melalui selang NGT Silikon yang dimasukkan ke dalam hidungnya, yang setiap bulan sekali harus diganti.

"Area tenggorokan saya mengalami kerusakan parah yang mengakibatkan rusaknya saluran makan dan saluran pernapasan saya. Akibatnya, menelan air ludah pun saya tidak bisa lakukan," ungkapnya.

"Sehingga setiap 2 menit sekali saya harus mengeluarkan air liur saya dan setiap kali saya ingin tidur saya harus menyedot air liur beserta lendir yang masuk ke saluran pernapasan saya dengan menggunakan mesin sedot," imbuhnya.

2. Sultan ingin sembuh dan kuliah lagi

Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke JokowiUniversitas Brawijaya, Malang (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dalam surat tersebut, Sultan menyatakan ingin sembuh dan diobati. Sebab, dia sudah tidak kuat dengan kondisi tubuhnya. Dia juga ingin kembali kuliah, produktif, dan menjalani hidup normal.

"Kepada Pak Jokowi dan Pak Mahfud MD, saya ingin pihak yang bersangkutan segera bertanggung jawab atas kelalaian yang sudah dilakukan sehingga membuat saya seperti ini kondisinya," imbuhnya.

3. Sultan ingin mendapatkan keadilan

Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke JokowiIlustrasi hukum. (IDN Times/Mardya Shakti)

Melalui surat tersebut, Sultan ingin secepatnya kasus ini diakhiri dengan mendapatkan keadilan seadil-adilnya, agar tidak menjadi konsumsi publik lagi.

Sultan ingin pihak yang bersangkutan melihat data dan fakta yang terjadi sebenarnya seperti apa agar proses decision making, negoisasi dengan keluarga bisa berjalan dengan objektif, adil, dan tidak merugikannya dan keluarga.

"Dengan surat ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Harapan saya adalah dengan adanya surat ini dapat dibaca dan menjadi perhatian bagi Pak Jokowi dan Pak Mahfud MD," harapnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya