CEK FAKTA: Alhamdulilah KRI Nanggala-402 Ditemukan Selamat 

Cek fakta dulu sebelum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan unggahan berita online memuat informasi, Kapal Selam KRI Nanggala-402 ditemukan dan prajurit selamat.

Unggahan klaim Kapal Selam Nanggala ditemukan semua selamat tersebut berupa tautan artikel berjudul "Alhamdulillah, Kapal Selam Nanggala-402 Sudah Ditemukan SEMUA SELAMAT" yang dimuat situs batamclick.com, pada 22 Februari 2021 dan dibagikan ulang pada sejumlah akun media sosial.

Lalu benarkan KRI Nanggala-402 sudah ditemukan?

1. Kapal Selam TNI Nanggala 402 Dikabarkan Terdeteksi pada 22 April

CEK FAKTA: Alhamdulilah KRI Nanggala-402 Ditemukan Selamat Deretan fakta Kapal Nanggala-402 yang dinyatakan hilang kontak di utara Bali pada 21 April 2021. (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan penelusuran IDN Times, berita dari batamclick.com melansir dari situs viva.co.id, pada 22 April 2021 dengan judul "21 Jam Hilang, Kapal Selam TNI Nanggala-402 Dikabarkan Terdeteksi".

Dalam berita tersebut tertulis berdasarkan akun twitter Jurnal Maritim, disebutkan kontak dengan KRI Nanggala-402 sudah bisa dilakukan. Akan tetapi, salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI itu masih belum mampu untuk kembali naik ke permukaan.

Lebih lanjut laporan itu menyebut, lewat sonar aktif diketahui ada pergerakan di bawah laut di sekitar tumpahan minyak (oil spill). Kapal selam KRI Nanggala-402 diprediksi mengalami masalah pada electric pump (mesin pendorong elektrik) dan baterai.

Baca Juga: Keluarga KRI Nanggala-402 Diterima Kerja di Kemensos

2. Kapal dinyatakan tenggelam dan terbelah tiga bagian

CEK FAKTA: Alhamdulilah KRI Nanggala-402 Ditemukan Selamat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberikan keterangan terkait perkembangan operasi pencarian KRI Nanggala 402 saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4/2021). KRI Nanggala 402 dipastikan tenggelam dan 53 awak kapalnya gugur di perairan utara Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Selang tiga hari, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, mengungkapkan KRI Rigel telah melakukan kontak bawah air di posisi kedalaman 850 meter pada pukul 01.00 WITA, hari ini.

"Pada pukul 09.04 WITA ROV Singapura mendapat kontak visual," ungkapnya.

"Ditemukan bagian-bagian KRI Nanggala yang terbelah menjadi tiga bagian," jelasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, proses evakuasi KRI Nanggala 402 akan dilakukan dengan kerja sama internasional.

"KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam atau subsunk pada Jumat(24/4/2021). Untuk mengevakuasi Nanggala-402 diperlukan kerja sama internasional," kata Hadi saat press conference di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Minggu (25/4/2021).

3. Seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 gugur

CEK FAKTA: Alhamdulilah KRI Nanggala-402 Ditemukan Selamat Mensos Tri Rismaharini serahkan santunan kematian kepada 51 ahli waris keluarga prajurit KRI Nanggala-402 (dok. Kemensos)

Panglima TNI, Jenderal TNI Hadi Tjahjanto, menyatakan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 gugur.

Dalam sesi konferensi pers itu, Hadi sempat tertunduk sebelum menyatakan sebanyak 53 awak KRI Nanggala-402 gugur. Cukup lama Hadi tertunduk, hingga akhirnya mengumumkan kabar duka tersebut.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan....," ujar Hadi sambil tertunduk dan menahan emosinya selama sekitar tujuh detik.

"Seluruh awaknya gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan 53 personel yang on board, telah gugur," lanjutnya.

Baca Juga: Jokowi Bantu Rumah Keluarga Kru KRI Nanggala, Risma Santuni Rp115 Juta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya