Comscore Tracker

CEK FAKTA: Pemudik Berenang di Laut karena Jembatan Suramadu Ditutup 

Beneran nih? Cek faktanya dulu yuk sebelum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Dua unggahan foto yang menggambarkan banyak orang menyeberangi Laut Suramadu viral di media sosial. Sebab, foto tersebut diklaim merupakan pemudik.

Sebuah akun Facebook bernama Jujun Damacai mengunggah 2 buah foto yang diberikan narasi bahwa foto tersebut merupakan pemudik yang berenang karena jembatan Suramadu tutup.

“Di karnakan jembatan dengan tujuan surabaya madura (SURAMADU) di tutup.Terpaksa PEMUDIK menggunakan jalur laut.. Nabeng aman ekoh…” tulisnya dikutip IDN Times, Senin (10/5/2021).

Lalu benarkan dua foto tersebut merupakan pemudik yang berenang karena jembatan Suramadu ditutup?

1. Foto kegiatan 2.016 Prajurit Marinir memecahkan rekor MURI

CEK FAKTA: Pemudik Berenang di Laut karena Jembatan Suramadu Ditutup Akun facebook unggah dua foto dengan narasi pemudik berenang/Turnbackhoaks

Berdasarkan penelusuran IDN Times melalui aplikasi pencarian foto yakni google reverse image dua foto tersebut merupakan foto kegiatan 2.016 Prajurit Marinir yang memecahkan rekor MURI pada 2016 silam, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-15 Pasmar (Pasukan Marinir).

Dilansir dari ANTARA, foto tersebut muncul dengan judul berita, 2.016 Prajurit Marinir Siap Ikuti Renang Selat Madura.

 

Baca Juga: CEK FAKTA: Mayat Awak KRI Nanggala-402 Terdampar di Pulau Mandangin

2. TNI AL mengikuti renang Selat Madura

CEK FAKTA: Pemudik Berenang di Laut karena Jembatan Suramadu Ditutup ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Disebutkan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL siap mengikuti renang Selat Madura untuk memecahkan rekor pada Museum Rekor Dunia dengan jumlah peserta terbanyak pada 28 April 2016.
     
Kesiapan itu disaksikan Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman saat meninjau pelaksanaan geladi bersih renang Selat Madura di sebelah timur jembatan Suramadu sisi Surabaya, Rabu.
     
Geladi untuk acara memperingati HUT ke-15 Pasmar-1 Tahun 2016 itu juga disaksikan Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto selaku Ketua Panitia Peringatan HUT ke-15 Pasmar-1 beserta para Asisten Danpasmar-1.
     
Pada geladi bersih renang selat Madura tersebut, selain diikuti oleh prajurit Pasmar-1 Korps Marinir, juga diikuti prajurit dari Komando Pendidikan Korps Marinir (Kodikmar) dan para Taruna serta Taruni Akademi Angkatan Laut.

3. Dua foto yang diunggah dengan narasi pemudik adalah hoaks

CEK FAKTA: Pemudik Berenang di Laut karena Jembatan Suramadu Ditutup IDN Times/Sukma Shakti

Dengan peserta keseluruhan sebanyak 2.016 orang itu membentuk formasi jembatan manusia, yang diawali start dari sebelah timur jembatan Suramadu sisi Surabaya dan finish di sebelah timur jembatan Suramadu sisi Madura dengan jarak tempuh 5,3 kilometer.
     
Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan atraksi terjun payung 15 prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir dengan tempat pendaratan matras yang berada di selat Madura.  

Jadi dua foto yang dinarasikan pemudik terpaksa berenang di laut karena jembatan Suramadu ditutup adalah hoaks.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Foto ABK Salat Ini Diambil dari KRI Nanggala-402?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya