Comscore Tracker

Daftar ke KPUD Kediri, Anak Pramono Anung Terganjal Restu dari PAN

Hanindhito Himawan Pramono akan menenunggu rekomendasi PAN

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur mengungkapkan, berkas pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa, saat ini masih terkendala rekomendasi dari PAN.

"Ini kendalanya SK B1- KWK (rekomendasi dari partai) dan SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Ada perbedaan. Ini bukan di Kabupaten Kediri saja tapi seluruh Indonesia," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarni seperti dilansir ANTARA, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Anak Pramono Anung Resmi Jadi Siswa Sekolah Partai PDIP

1. Pasangan ini sapu bersih seluruh rekomendasi dari partai

Daftar ke KPUD Kediri, Anak Pramono Anung Terganjal Restu dari PANKPU Kabupaten Kediri menerima berkas pendaftaran pasangan Mas Dhito dan Mbak Dewi, IDN Times/ istimewa

Ninik menjelaskan, KPU sudah konsultasi dengan KPU RI dan hasilnya memang diminta untuk menunggu keputusan. Terlebih lagi, hal ini terjadi dari SK PAN yang diberikan pada calon kepala daerah di seluruh Indonesia.

"KPU membuka pendaftaran mulai 4-6 September 2020. Di hari pertama ini, pasangan yang mendaftar adalah Dhito dan Dewi Maria Ulfa. Pasangan ini sapu bersih seluruh rekomendasi dari partai. Bahkan, partai nonparlemen juga mendukung pasangan ini," paparnya

2. KPU masih tetap membuka pendaftaran sesuai jadwal

Daftar ke KPUD Kediri, Anak Pramono Anung Terganjal Restu dari PANBapaslon Lisa dan Sapta Bangun, datang ke kantor KPU Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Meskipun terjadi calon tunggal di Pilkada Kabupaten Kediri, KPU juga masih tetap membuka pendaftaran sesuai jadwal. Bahkan, jika hingga hari terakhir tidak ada yang mendaftar, akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Kami akan tetap buka sesuai dengan tahapan sampai 6 September 2020 pukul 24.00 WIB. Setelah itu, kami putuskan, lakukan pleno dan membuka pendaftaran lagi tiga hari ke depan. Selama perpanjangan pendaftaran itu, kami sosialisasi melalui media dan partai politik," imbuhnya.

Ninik menegaskan, belum bisa memberikan keputusan soal calon tunggal, karena pendaftaran belum ditutup. Saat ini, pendaftaran masih hari pertama.

3. Hanindhito akan menunggu keputusan KPU RI

Daftar ke KPUD Kediri, Anak Pramono Anung Terganjal Restu dari PANHanindhito Himawan Pramana saat mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Hanindhito Himawan Pramono yang juga anak dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mengaku akan menunggu keputusan KPU RI soal rekomendasi partai, sebab perbedaan nama tersebut terjadi di seluruh Indonesia.

"Kalau saya menunggu keputusan dari KPU RI. Saya hargai PAN sebagai pengusung, sangat menghargai karena PAN salah satu partai pengusung pertama," kata Dhito.

4. Paslon balon bupati Kediri telah melakukan deklarasi

Daftar ke KPUD Kediri, Anak Pramono Anung Terganjal Restu dari PANHanindhito Himawan Pramana saat mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa, sebelumnya telah melakukan deklarasi yang dihadiri semua partai pengusung dan pendukung. Setelahnya, rombongan mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri dengan didampingi seluruh kader.

Saat pendaftaran juga diberlakukan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah COVID-19. Di dalam juga diberlakukan jaga jarak, dan dibatasi yang bisa masuk ke dalam ruangan pendaftaran, Gedung Bagawanta Bhari, Kabupaten Kediri. 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya