Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan 6.700 Paket Sembako di Jabodetabek

Sembako diberikan pada anak-anak dan penyandang disabilitas

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial menyalurkan 6.700 paket bantuan sembako kepada klaster anak dan penyandang disabilitas se-Jabodetabek. Bantuan ini untuk mengatasi dampak virus corona COVID-19.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat mengungkapkan, pihaknya sudah mendistribusikan bantuan sembako berupa paket lauk pauk, makanan anak dan makanan siap saji kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Panti Sosial.

“Bantuan ini akan disalurkan kepada panti sosial se-Jabodetabek di lima klaster, yaitu klaster anak, klaster disabilitas, klaster korban penyalahgunaan Napza, klaster lanjut usia, dan klaster tunasosial dan korban perdagangan orang,” ujar Harry dalam siaran tertulis, Senin, (6/3).

Baca Juga: Kemensos Kucurkan Rp25 Triliun untuk 2,6 juta Pekerja Informal di DKI

1. Sejumlah 12.350 paket sembako akan dibagi ke 5 klaster rehabilitasi sosial

Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan 6.700 Paket Sembako di JabodetabekPenyaluran paket sembako untuk lima kluster terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Harry menerangkan, pihaknya juga akan membagikan 12.350 paket sembako kepada 5 klaster rehabilitasi sosial.

Dia merinci, 6.000 paket untuk klaster anak, 700 paket untuk klaster penyandang disabilitas, 5.200 paket untuk klaster lanjut usia, 150 paket untuk klaster korban penyalahgunaan Napza, dan 300 paket untuk klaster tunasosial dan korban perdagangan orang.

"Penyaluran ini dilaksanakan atas arahan Menteri Sosial Juliari P. Batubara untuk melakukan percepatan distribusi bantuan sembako, sebagai upaya Kemensos Hadir dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19," imbuhnya.

2. Kementerian Sosial mendistribusikan 6.000 paket bantuan sembako

Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan 6.700 Paket Sembako di JabodetabekPenyaluran paket sembako untuk lima kluster terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Sebelumnya, Kementerian Sosial juga mendistribusikan 6.000 paket bantuan sembako kepada 276 LKS anak dan 700 paket bantuan sembako didistribusikan kepada 22 LKS penyandang disabilitas se-Jabodetabek.

"Bantuan diterima langsung oleh perwakilan LKS dari masing-masing klaster," ujarnya.

3. Penyaluran bantuan sembako berjalan dengan memperhatikan social dan physical distancing

Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan 6.700 Paket Sembako di JabodetabekPenyaluran paket sembako untuk lima kluster terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Penyaluran bantuan sembako ini dilaksanakan di Balai Budhi Dharma Bekasi dengan melibatkan Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, perwakilan Balai/Loka Rehabilitasi Sosial Anak, perwakilan Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Anak, TRC, dan LKSA.

Bantuan ini bertujuan agar anak dan penyandang disabilitas mendapatkan tambahan asupan gizi dan meningkatkan daya tahan tubuh, untuk menangkal COVID-19.

Pelaksanaan penyaluran bantuan sembako berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan social dan physical distancing.

“APD dipakai para petugas dan tetap social serta physical distancing diterapkan,” pesan Dirjen Rehsos.

Baca Juga: Lawan COVID-19, Kemensos Siapkan Rp110 Triliun untuk Bansos Sembako 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya