Fadli Zon Bakal Duduk di Kursi Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf?

Fadli Zon sudah memberikan signal

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah mengantongi nama-nama calon menteri Kabinet Kerja jilid II.

"Nama-nama tersebut sifatnya sudah final dua bulan lalu, bahkan sebenarnya Presiden Jokowi ingin mengumumkan tetapi dilarang DPR karena belum dilantik, kalau diumumkan kan masyarakat bisa menilai. Pokoknya sudah final, itu saya tahu," ujar Kapitra usai diskusi Forum Jurnalis Merah Putih: Jokowi di Pusaran Kepentingan, Minta Ini Minta Itu, di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Selasa (8/10).

Baca Juga: Bicara Konsep Pangan ke Jokowi, Sinyal Gerindra Incar Kursi Mentan?

1. Fadli Zon akan duduk di kursi Kabinet Kerja?

Fadli Zon Bakal Duduk di Kursi Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kapitra yakin salah satu nama yang akan mengisi kursi menteri dalam Kabinet Kerja jilid II adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

"Kemarin di DPR Fadli Zon mengatakan, 'Saya diperintahkan, ada penugasan yang lain' jadi ditarik dari situ, bisa dikatakan signal lah," ungkap dia.

2. Oposisi tetap ada sebagai penyeimbang pemerintahan

Fadli Zon Bakal Duduk di Kursi Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kapitra yakin Gerindra akan mendapatkan jatah menteri, sebab selama ini Prabowo fokus di bidang perdagangan, pertanian, dan investasi. Kendati, oposisi tetap ada, agar terjadi check and balances antara eksekutif dan legislatif.

“Masyarakat tetap ingin ada oposisi, sehingga sebaiknya partai oposisi kembali ke sebagai oposisi konstruktif, sebab demokrasi mati tanpa oposisi,” kata dia.

3. Prabowo tidak pantas di posisi Kabinet Kerja

Fadli Zon Bakal Duduk di Kursi Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf?ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kapitra mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak mungkin meminta jatah kursi menteri pada Presiden Jokowi, sebab posisi tersebut tidak pantas bagi Prabowo.

"Ya gak level lah, Prabowo levelnya presiden atau penasihat presiden, bukan menteri. Gak mungkin Prabowo akan mau, saya yakin itu," ucap dia.

4. Jokowi akan dilantik pada 20 Oktober

Fadli Zon Bakal Duduk di Kursi Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf?(Presiden Joko "Jokowi" Widodo) IDN Times/Teatrika Putri

Jokowi dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 sore.

Untuk mengamankan proses pelantikan Jokowi-Ma'ruf, 27 ribu personel keamanan akan diterjunkan di gedung DPR RI dan sekitarnya.

Baca Juga: Gerindra Ditawari Menteri? PPP: Jokowi Pasti Komunikasi dengan KIK

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya