Heru Budi Serahkan Nasib Korban Kebakaran Depo Plumpang ke Pertamina 

Warga tolak relokasi pascakebakaran depo Pertamina

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, buka suara tentang nasib warga korban kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Menurut Heru, nasib warga Plumpang yang jadi korban kebakaran pada Jumat (3/3/2023) itu berada di tangan Pertamina.

"Kan sudah ditawarkan, silakan Pertamina," ujar Heru di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Pertamina Bakal Relokasi Depo Plumpang ke Tanah Milik Pelindo 

1. Warga tidak mau direlokasi

Heru Budi Serahkan Nasib Korban Kebakaran Depo Plumpang ke Pertamina Para pengungsi kebakaran depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara itu, Ketua Forum Tanah Merah, Muhammad Huda, menegaskan, warga Plumpang sepakat tidak mau direlokasi atau pindah dari lahan sekitar depo tersebut.

"Warga tidak menghendaki relokasi, tapi membangun kembali rumah yang terbakar, merehabilitasi rumah yang terbakar yang disebabkan kelalaian oleh Pertamina. Itu sudah jadi kesepakatan warga dan para korban," tegasnya saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: Polri Terima Aduan Penjarahan saat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

2. Warga yang mau relokasi adalah pengontrak

Heru Budi Serahkan Nasib Korban Kebakaran Depo Plumpang ke Pertamina Jarak depo Pertamina Plumpang dengan permukiman warga hanya 5 meter. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Huda memastikan, jika ada suara-suara yang ingin direlokasi dari wilayah tersebut, maka mereka bukan warga asli Plumpang, tetapi hanya pengontrak.

"Yang bersuara itu para pengontrak, mereka kan gak punya beban, tapi kalau yang punya rumah tetap menuntut rumahnya berdiri kembali seperti semula," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat Energi UGM: Pindahkan Depo Pertamina Plumpang Secepatnya!

3. Erick Thohir akan relokasi depo Pertamina

Heru Budi Serahkan Nasib Korban Kebakaran Depo Plumpang ke Pertamina Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memutuskan untuk merelokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) alias depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, buntut dari kebakaran pada Jumat (3/3/2023).

"Kami juga sudah merapatkan bahwa kilang (depo) akan kita pindah ke tanah Pelindo, ya. Kilang akan pindah ke tanah Pelindo," kata Erick Thohir dalam keterangan melalui video, Senin (6/3/2023).

Erick juga menjelaskan opsi tindakan yang perlu segera disiapkan, termasuk rencana pemindahan kawasan pemukiman dari kawasan TBBM Plumpang sekaligus menetapkan buffer zone atau zona aman di sekitar TBBM.

"Untuk menentukan buffer zone dan juga rencana pemindahan permukiman warga tentunya tidak bisa dilakukan sendiri. Perlu ada komunikasi dengan pemerintah setempat dan masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Sambangi Pengungsi Kebakaran Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya