Heru Minta Dishub DKI Tertibkan Tukang Parkir Liar secara Manusiawi

Jukir liar meresahkan warga Jakarta

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menertibkan juru parkir liar secara manusiawi. Penertiban tersebut merespons juru parkir liar yang semakin meresahkan.

"Saya sudah minta Dinas Perhubungan dan Trantip (Satpol PP) untuk melakukan penertiban yang manusiawi. Artinya, perlu kita biarkan mereka tetapi jangan meresahkan masyarakat. Masyarakat ingin bekerja membangun ekonomi Jakarta," ujarnya di Jakarta Utara, Minggu (13/5/2024).

1. Pekerjaan untuk jukir akan dibahas

Heru Minta Dishub DKI Tertibkan Tukang Parkir Liar secara Manusiawiilustrasi tukang parkir (unsplash.com/Adismara Putri Pradiri)

Terkait usulan pekerjaan untuk juru parkir liar, Heru mengaku masih membahas usulan tersebut dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta.

"Ya nanti dibahas dengan dinas tenaga kerja kan kita bisa pikirkan ya," imbuh Heru.

Baca Juga: Tukang Soto Tersangka Kedua Kasus Mayat Dibungkus Sarung di Pamulang

2. Dishub DKI akan lakukan sidang di tempat

Heru Minta Dishub DKI Tertibkan Tukang Parkir Liar secara ManusiawiPenindakan kendaraan parkir liar di area kantor Gubernur Sumsel (Dok: istimewa)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan saat ini Dishub DKI sedang melakukan koordinasi dengan Satpol PP serta Kejaksaan untuk melakukan penegakan hukum junkir liar.

"Kami sedang koordinasikan untuk melakukan penegakan hukum, dari hasil hasil diskusi kegiatan ini masuk dalam kegiatan tindak pidana ringan risikonya. Maka kami akan koordinasikan juga, tidak hanya dari Satpol PP tapi juga rekan-rekan pengadilan, dan juga dari kejaksaan untuk bersama-sama turun menjadi satu tim untuk sidang di tempat," ujar Syafrin.

3. Parkir minimarket gratis

Heru Minta Dishub DKI Tertibkan Tukang Parkir Liar secara ManusiawiMinimarket yang berada di wilayah Pengasinan, Sawangan, Depok, usai di bobol pencuri. (IDNTimes/Dicky)

Syafrin mengatakan sejumlah minimarket memang sudah ada tulisan parkir gratis tetapi memang ada oknum yang memanfaatkan.

"Mereka mengatur dan kemudian memaksa masyarakat untuk membayar parkir," katanya.

Baca Juga: Berantas Jukir Liar, Gerindra Minta Petugas Dishub DKI di Area Parkir

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya