Hore, Kemenkes Pastikan 34 Provinsi Akan Dapat Vaksin Pfizer 

Vaksin Pfizer akan datang secara bertahap

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan memastikan Vaksin COVID-19 produksi Pfizer dengan merek COMIRNATY juga akan didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan saat ini Kementerian Kesehatan masih mempersiapkan rantai dingin untuk penyimpanan vaksin Pfizer.

"Ini terkait rantai dingin Pfizer yang berbeda dengan (vaksin) yang lain ya karena disimpan suhu -70 celcius, dan sedang kita siapkan sarananya di daerah lain," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin (23/8/2021).

1. Sarana dipersiapkan setelah Pfizer tersedia

Hore, Kemenkes Pastikan 34 Provinsi Akan Dapat Vaksin Pfizer dr. Siti Nadia Tarmizi M. Epid, Jubir Kemenkes untuk Vaksinasi (Youtube.com/KemkominfoTV)

Nadia mengungkapkan, pihaknya memang baru mempersiapkan rantai dingin setelah vaksin Pfizer tersedia. Sebab pada awal Januari, pihak Pfizer belum bisa memastikan waktu pengiriman vaksin Pfizer ke Indonesia.

"Kepastian Pfizer untuk mengirimkan ke Indonesia sangat singkat, baru kurang lebih 1,5 bulan yang lalu kepastiannya, ada vaksin, baru sarana prasarananya kita siapkan karena sayang kalau tidak terpakai," jelasnya.

Baca Juga: DKI Jakarta Jadi Prioritas Vaksin Pfizer, Ini Syarat dan Lokasinya

2. Sebanyak 50 juta vaksin Pfizer akan tiba Indonesia tahun ini

Hore, Kemenkes Pastikan 34 Provinsi Akan Dapat Vaksin Pfizer Kotak-kotak berisi vaksin Pfizer BioNTech COVID-19 dipersiapkan untuk dikirim di pabrik produksi Pfizer Global Supply Kalamazoo di Portage, Michigan, Amerika Serikat, Minggu (13/12/2020) (ANTARA FOTO/Morry Gash/Pool via REUTERS)

Sebelumnya, sebanyak 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer tiba di Indonesia pada Kamis (19/8/2021), melalui skema pembelian langsung. Secara bertahap, 50 juta vaksin Pfizer juga akan tiba di Indonesia tahun ini melalui skema yang sama.

Jumlah tersebut belum termasuk vaksin Pfizer yang akan diperoleh secara gratis melalui skema GAVI/COVAX sebesar 4,6 juta dosis dalam beberapa minggu ke depan.

“Pemerintah terus mendatangkan vaksin terbaik dari berbagai produsen dalam rangka mengamankan ketersedian vaksin untuk melindungi 208 juta rakyat Indonesia, yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati.

 

3. Vaksin Pfizer tahap awal didistribusikan wilayah Jabodetabek

Hore, Kemenkes Pastikan 34 Provinsi Akan Dapat Vaksin Pfizer Proses pembuatan vaksin COVID-19 oleh Pfizer (Facebook.com/Pfizer)

Pada tahap awal, vaksin yang dibagikan secara gratis itu didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, Jabodetabek menjadi prioritas distribusi karena Pfizer membutuhkan sistem logistik yang kompleks dibandingkan vaksin jenis lainnya. Vaksin produksi Amerika Serikat (AS) itu membutuhkan tempat penyimpanan khusus dan harus segera digunakan.

Secara spesifik, vaksin Pfizer membutuhkan mesin pendingin dengan suhu antara minus 90 derajat hingga minus 60 derajat celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikkan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati.

Baca Juga: Kota Bekasi Terima 181 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya