Hore, Masyarakat Kini Bisa Gunakan Vaksin COVID-19 Segala Merek

Vaksin yang terbaik adalah yang tersedia

Jakarta, IDN Times - Masyarakat kini bisa menggunakan vaksin COVID-19 jenis apa saja di Indonesia. Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, pun meminta agar masyarakat bisa melengkapi vaksin dosis primer dan booster.

Sampai sekarang, meski WHO sudah menyatakan pandemik selesai, COVID-19 terus bermutasi dan menyerang manusia. Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit meminta kepada seluruh kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala dan direktur rumah sakit, serta pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan untuk memfasilitasi pemberian vaksin COVID-19 di wilayahnya.

"Intinya dosis satu, dua, tiga, dan empat, bisa pakai vaksin apapun. Kalau booster tetap enam bulan jaraknya," ujar Syahril dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).

1. Pentingnya booster buat masyarakat

Hore, Masyarakat Kini Bisa Gunakan Vaksin COVID-19 Segala MerekJuru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril (youtube.com/FMB9ID_IK)

Berdasarkan laporan hasil uji klinis dari berbagai platform vaksin COVID-19, dijelaskan Syahril, secara umum titer antibodi (kekebalan/imunitas) individu setelah enam bulan dari imunisasi yang kedua akan menurun.

"Sehingga, perlu diberikan penguat atau booster untuk meningkatkan titer antibodi demi proteksi jangka panjang," ucap Syahril.

Baca Juga: Studi: Paxlovid dan Vaksinasi COVID-19 Turunkan Risiko Long COVID

2. Banyak yang belum dapat vaksin dosis primer

Hore, Masyarakat Kini Bisa Gunakan Vaksin COVID-19 Segala MerekVaksin booster mulai disuntikkan kepada warga (IDN Times/Herka Yanis)

Hingga saat ini, masih cukup banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis primer lengkap. Ada pula masyarakat yang telah mendapatkan dosis primer, namun belum mendapatkan booster.

"Penggunaan berbagai jenis vaksin COVID-19 yang tersedia, bertujuan untuk mempermudah masyarakat melengkapinya," ujar Syahril.

3. Vaksin terbaik adalah yang tersedia

Hore, Masyarakat Kini Bisa Gunakan Vaksin COVID-19 Segala MerekErick Thohir periksa kesiapan layanan vaksinasi booster Sinopharm di Klinik Kimia Farma (dok. Kementerian BUMN)

Syahril menegaskan pada prinsipnya vaksin terbaik adalah yang tersedia pada saat ini dan dapat diberikan menggunakan platform dengan EUA atau NIE dari Badan POM. Sementara, pemberian vaksin lengkap dan booster kedua bisa didapatkan masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan maupun pos pelayanan terdekat di kota Anda.

"Untuk itu, bagi masyarakat yang belum melengkapi dosis primer dan lanjutan atau booster maka dapat diberikan vaksinasi COVID-19 dengan menggunakan vaksin yang tersedia," ucap Syahril.

Baca Juga: Indonesia Hibahkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Pentavalen ke Nigeria

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya