HUT ke-496, DKI Jakarta Diharap Jadi Inspirasi Pembangunan Daerah Lain

Selamat Ulang Tahun DKI Jakarta!

Jakarta, IDN Times - HUT ke-496 DKI Jakarta diperingati pada Kamis (22/6/2023). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bertugas menjadi inspektur upacara yang diadakan di Monumen Nasional (Monas).

Heru mengungkapan, tema ulang tahun ke-496 Jakarta kali ini adalah 'Jakarta Jadi Karya untuk Nusantara' yang menggambarkan persiapan Jakarta untuk mengoptimalkan semua sumber daya dan mewujudkan pembangunan kota dan kesehatan.

"Jakarta diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dan berdampak bagi pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia," ujar Heru dalam sambutannya di Upacara HUT ke-496 Jakarta di Monas.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke-496 DKI, Pj Gubernur Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

1. Jakarta telah menunjukkan karakter dan ketahanan

HUT ke-496, DKI Jakarta Diharap Jadi Inspirasi Pembangunan Daerah LainUpacara HUT ke-496 DKI Jakarta di Monas, Kamis (22/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru mengungkapkan, HUT ke-496 DKI tidak hanya merayakan pergantian usia Jakarta, tetapi merefleksikan perjalanan panjang dan perubahan yang telah dialami oleh kota Jakarta.

"Sebuah kota yang hampir berusia 500 tahun, Jakarta telah menunjukkan karakter dan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan," katanya.

Baca Juga: Hore! Masuk Ancol Gratis Sebulan, Sambut HUT ke 496 DKI Jakarta

2. Jakarta jadi pusat aktivitas nasional

HUT ke-496, DKI Jakarta Diharap Jadi Inspirasi Pembangunan Daerah LainFoto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Heru mengungkapkan, perjalanan Jakarta dimulai dari sebuah kota Pelabuhan Sunda Kelapa yang menjadi tempat perdagangan rempah-rempah. Kemudian berganti nama menjadi Jayakarta di bawah kepemimpinan Fatahillah dan menjadi pusat pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang dikenal sebagai Batavia sejak kemerdekaan Indonesia.

"Jakarta menjadi Ibu Kota Negara yang kita kenal saat ini. Pertumbuhan dan transportasi telah mengubah Jakarta dari kota kecil menjadi kota metropolitan, menjadi pusat pergerakan aktivitas nasional," imbuhnya.

Baca Juga: HUT ke-496 DKI Jakarta, Heru Ingin Ada Simbol Alam di Berbagai Acara

3. Komitmen Jakarta mendukung pemulihan ekonomi berkelanjutan

HUT ke-496, DKI Jakarta Diharap Jadi Inspirasi Pembangunan Daerah LainPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam upacara HUT ke-496 DKI Jakarta di Monas, Kamis (22/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru menerangkan, HUT Jakarta tahun ini diawali dengan pelepasan 496 burung dan penanaman pohon sebagai simbol komitmen Jakarta dalam mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dengan berorientasi pada lingkungan.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik yang modern dengan kelas kalian lingkungan alam, kita juga melindungi warisan alam yang berharga bagi generasi mendatang," imbuhnya.

Baca Juga: Besok HUT Jakarta, Tarif TransJakarta, LRT, dan MRT Jadi Rp1

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya