Ini 10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia Pagi Ini

Pakai masker dan hindari kegiatan luar ruangan

Jakarta, IDN Times - Kondisi kualitas udara di Indonesia masih menjadi perhatian berbagai pihak hingga hari ini. Secara nasional, kota dengan polusi paling tinggi di Indonesia pagi ini adalah Tangerang Selatan, Banten.

Data teknologi kualitas udara Swiss, IQAir, per Minggu (20/8/2023) pukul 09.11 WIB menunjukkan, indeks kualitas udara (AQI) US Tangerang Selatan mencapai 203 AQI US. Kondisi ini ditandai dengan peringatan warna ungu yang artinya sangat tidak sehat. 

Konsentrasi PM 2,5 di Tangerang Selatan saat ini 14 kali nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Padahal, Peraturan Pemerintah RI No 41 Tahun 1999 menetapkan baku mutu PM 2.5 tahunan adalah 15 mikrogram per meter kubik (μ./m3) .Sedangkan WHO mematok angka 10 mikrogram per meter kubik (μg/m3).

1. Jakarta nomor 8 secara nasional

Ini 10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia Pagi IniSuasana tugu Monas yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara untuk Jakarta berada di angka 156 AQI US. Polutan utama kualitas udara Jakarta masih di PM 2.5. Jakarta masuk peringkat ke 8 kota paling berpolusi di Indonesia setelah Gedongtataan, Provinsi Lampung.

Dengan adanya kondisi ini, masyarakat diminta menggunakan masker di luar, menutup jendela, menyalakan penyaring udara, bahkan menghindari aktivitas outdoor.

Baca Juga: Ngeri, Jakarta Juara Polusi Udara di Dunia Hari Ini

2. Jakarta sempat peringkat satu dunia

Ini 10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia Pagi IniSuasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Kualitas udara di Jakarta sempat menduduki nomor satu dunia pada pukul 08.22. Indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 156 dengan polutan utamanya PM2.5 dan nilai konsentrasi 70 µg/m³ (mikrogram per meter kubik). Padahal, standar kualitas udara ideal dari WHO yakni memiliki bobot konsentrasi PM2.5 antara 0 sampai 5 mikrogram per meter kubik.

"Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 13 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian dikutip dari lama IQAir.

3. Sepuluh kota kualitas udara buruk

Ini 10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia Pagi Iniilustrasi melawan polusi udara (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Berikut adalah urutan peringkat 10 kota paling berpolusi di Indonesia secara real time.

Tangerang Selatan, Banten 203 AQI US
Mempawah, Kalimantan Barat 175 AQI US
Kota Bandung, Jawa Barat 168 AQI US
Kabupaten Serang, Jawa Barat 164 AQI US
Kota Surabaya, Jawa Timur 158 AQI US
Terentang, Kalimantan Barat 122 AQI US
Gedongtataan, Provinsi Lampung 156 AQI US
Jakarta, Jakarta 156 AQI US
Kota Pontianak, Kalimantan Barat 116
Malang, Jawa Timur 151 AQI US

Baca Juga: Dirjen HAM Soroti Polusi Udara Jakarta, Hak Kesehatan Harus Dipenuhi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya