Ini Alasan Jokowi Pilih Putra Papua John Wempi Jadi Wamen Menteri PUPR

John dua kali jadi bupati Jayawijaya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperkenalkan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo, sebagai putra Papua sebelum dilantik.

"Bapak Wempi Wetipo, putra Papua, orang asli Papua, dari tanah Papua," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (25/10).

Jokowi memaparkan pengalaman John Wempi, yang pernah menjabat bupati  Jayawijaya dua periode. Sehingga Presiden yakin John bisa membantu tugas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Beliau akan menjadi wakil menteri PUPR, terutama dalam pengawasan proyek infrastruktur yang banyak sekali di Indonesia, terutama di Indonesia bagian timur," ujar dia.

Mantan Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo telah diminta Presiden Jokowi untuk membantu tugas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Ia diminta melakukan tugas pembangunan infrastruktur.

"Tadi Pak Presiden sampaikan pada saya kurang pengawasan kalau bisa apa yang menjadi visi misi Pak Presiden berjalan efektif diharapkan pengawasan diperketat," kata John di Istana, Jumat.

"Sehingga apa yang menjadi visi misi Bapak Presiden yang belum tuntas di periode pertama, bisa diselesaikan periode kedua. Mempercepat pembangunan infrastruktur di timur," dia melanjutkan.

John Wempi berada di Kabinet Indonesia Maju mewakili PDIP, karena dirinya adalah salah satu kader PDIP. "Saya dari parpol, kebetulan kader PDIP," terang dia.

Baca Juga: Wamen dari Papua, Menteri PUPR: Nanti Bagi Tugas untuk Kawasan Timur

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya