Comscore Tracker

Ini Alasan Kenapa Rizieq Shihab Jalani Perawatan di RS Ummi

RS tidak tutup-tutupi hasil tes COVID-19 Rizieq Shihab

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Rumah Sakit Ummi Bogor, Jawa Barat, Andi Taat mengungkapkan, pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan keluarganya sudah menjadi pasien lama di rumah sakit tersebut. Karena itu, tidak heran jika Rizieq mempercayakan perawatan kesehatannya di rumah sakit tersebut.

"Beliau memang pasien kami jadi kami mempunyai catatan medisnya," ujar Andi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Bima Arya, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Buntut Kasus Swab Rizieq Shihab, Petinggi RS UMMI Diperiksa Besok

1. Rumah sakit tidak menutup-nutupi penanganan dan hasil tes COVID-19 Rizieq

Ini Alasan Kenapa Rizieq Shihab Jalani Perawatan di RS UmmiPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Andi menambahkan, pihak rumah sakit tidak berniat menutup-nutupi penanganan dan hasil tes COVID-19 Rizieq Shihab.

"Kami akui memang kelemahan internal kami dalam melakukan komunikasi dan koordinasi, sehingga kesannya menghalang-halangi," kata dia

Andi mengatakan, tes usap atau tes PCR yang dilakukan oleh tim dokter pribadi Rizieq pada Jumat 27 November 2020, seharusnya disaksikan tim Satuan Tugas COVID-19 Kota Bogor, namun ternyata itu tidak terjadi.

"Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas COVID Kota Bogor, dan insyallah ke depannya kami siap untuk bersinergi dalam penanggulangan COVID-19 di Kota Bogor," ujarnya.

2. RS Ummi saat ini belum mengetahui hasil tes usap Rizieq

Ini Alasan Kenapa Rizieq Shihab Jalani Perawatan di RS UmmiRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Andi membantah isu bahwa pihaknya tidak memberikan laporan yang lengkap terkait tempat uji spesimen tes COVID-19 Rizieq. Sebab, kata dia, hingga saat ini pihak RS Ummi belum mengetahu di laboratorium mana spesimen Rizieq diperiksa.

"Sampai saat ini kami masih mengusahakan kepada pihak Mer-C, tapi sampai saat ini kami juga belum bisa mendapatkan hasil," kata dia.

3. Satgas COVID-19 Bogor jatuhkan sanksi administratif kepada RS Ummi

Ini Alasan Kenapa Rizieq Shihab Jalani Perawatan di RS UmmiIDN Times/Kevin Handoko

Sementara itu, Wali Kota yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kota Bogor Bima Arya menegaskan, pihaknya menjatuhkan sanksi administratif kepada RS Ummi, Bogor, Jawa Barat, tempat pemimpin Front pembela Islam (FPI) dirawat dan menjalani tes PCR COVID-19. Sanksi berupa teguran keras kepada RS Ummi.

"Kami sudah berikan sanksi administratif berupa teguran keras ke RS Ummi sesuai aturan yang berlaku," kata Bima Arya dalam konferensi pers bersama Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat.

Sanksi diberikan karena tidak jelasnya prosedur dan penanganan COVID 19 di RS Ummi, dalam hal ini perawatan dan tes PCR Rizieq Shihab yang dianggap tidak sesuai aturan.

Baca Juga: Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban Satgas

Topic:

  • Dini Suciatiningrum
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya