Istri Anies Baswedan Positif COVID-19, Begini Kondisinya

Kasus COVID-19 kembali melonjak

Jakarta, IDN Times - Istri mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, positif COVID-19. Kondisi tersebut diungkapkan oleh Anies usai melayat melayat ke rumah duka anggota DPRD DKI M Taufik di Jakarta Timur, Kamis (4/5/2023).

"Iya (istri positif COVID). Kondisinya kayak flu saja biasa, kayak batuk," ujar Anies.

1. Istri Anies jalani isoman

Istri Anies Baswedan Positif COVID-19, Begini KondisinyaFery Farhati dan Anies Baswedan (instagram.com/fery.farhati)

Anies mengatakan istrinya positif COVID-19 sejak Rabu (3/5/2023) malam. Saat ini, Fery menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Iya (isolasi) mandiri. Batuk, flu saja. Isolasi mandiri di Lebak Bulus," ujarnya.

Baca Juga: Libur Lebaran Kelar, RSUD Panembahan Senopati Rawat 8 Pasien COVID-19

2. Kasus COVID-19 kembali melonjak pasca lebaran

Istri Anies Baswedan Positif COVID-19, Begini KondisinyaIlustrasi sampel uji PCR. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Kasus COVID-19 terus melonjak pasca lebaran. Bahkan, kasus harian yang dilaporkan pada 3 Mei 2023 mencapai rekor sejak 10 bulan terakhir yakni 2.647 orang.

Dengan peningkatan ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap ancaman penularan COVID-19. 

Syahril mengatakan upaya pencegahan paling efektif yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker saat sakit dan saat berada di kerumunan. 

"Masyarakat juga dihimbau untuk selalu memperhatikan kesehatan dan daya tahan tubuhnya, patuh dan disiplin mematuhi aturan pemerintah serta saling mengingatkan sesama untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Baca Juga: Waduh Kasus COVID-19 Ngegas Usai Lebaran, Kemenkes Wanti-wanti Prokes

3. Kemenkes imbau masyarakat segera vaksin

Istri Anies Baswedan Positif COVID-19, Begini KondisinyaAntarafoto-kemenkes-kebut-vaksinasi-booster-25012022-gp-6.jpg

Dia menegaskan kunci penurunan kasus COVID-19 selain disiplin protokol kesehatan, pihaknya juga mendorong seluruh masyarakat untuk menyegerakan vaksinasi COVID-19 baik dosis lengkap maupun booster. 

"Kuncinya protokol kesehatan, dengan disiplin menerapkan panduan tersebut diharapkan dapat meminimalisir risiko penularan COVID-19, terutama di tempat-tempat yang tingkat kerumunannya tinggi," kata Syahril.

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya