Jakarta Kreatif Festival Digelar 16-18 Juni, Target Transaksi Rp8,5 M

Upaya UMKM masuk naik kelas

Jakarta, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi DKI Jakarta bersama Kementerian Koperasi dan UKM serta Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) Jakarta, bakal menggelar Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest).

Rencananya, gelaran tersebut bakal dilangsungkan di Main Atrium Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat pada 16 hingga 18 Juni 2023. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar, mengatakan JaKreatifest merupakan agenda rutin tahunan yang sudah berlangsung sejak 2020.

Kali ini, pihaknya menargetkan jumlah transaksi dari penyelenggaraan JaKreatiFest 2023 bisa mencapai Rp8,5 miliar. Jumlah meningkat tajam dibandingkan kegiatan serupa pada tahun lalu.

"Bahwa tahun ini kita menargetkan (transaksi) ada peningkatan, kalau tahun lalu Rp3,8 miliar realisasinya Rp6,8 miliar, tahun ini kita (targetkan) Rp8,5 miliar, kita harapkan realisasinya lebih dari itu," ujarnya di Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2023).

 

1. Bank Indonesia DKI Jakarta optimis capai target

Jakarta Kreatif Festival Digelar 16-18 Juni, Target Transaksi Rp8,5 MKonpers Jakarta Kreatif Festival 2023 akan menggandeng 200 UMKM DKI Jakarta, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Arlyana optimistis target transkasi kali ini bisa dicapai. Sebab, animo masyarakat pada gelaran JaKreatiFest tahun lalu cukup tinggi, bahkan melebihi batas target.

Selain itu, ada juga potensi eksport yang dilakukan UMKM karena ajang ini. Sebab, JaKreatiFest telah bekerja sama dengan tujuh bank yang sudah memiliki buyer. Nantinya buer tersebut akan dikenalkan UMKM.

"Kita optimis, bahwa sekarang ini sudah aktif lagi, dalam konteks perdagangan sudah mulai di buka, masa COVID-19 ini kan sekarang sudah mulai buka alur perdagangan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Optimistis Jakarta Fair 2023 Sumbang Rp7,5 Triliun

2. JaKreatifest gandeng 200 UMKM di Jakarta

Jakarta Kreatif Festival Digelar 16-18 Juni, Target Transaksi Rp8,5 M

Arlyana menambahkan, rangkaian JaKreatifest 2023 akan menghadirkan pameran offline yang diikuti sebanyak 73 UMKM dari DKI Jakarta.

Meski demikian, demi menjaga momentum semarak kreasi Jakarta untuk Indonesia, JaKreatiFest 2023 akan melangsungkan juga pameran online yang menghadirkan 120 UMKM di marketplace sampai 15 Juli 2023. 

"Penguatan kapasitas UMKM akan terus dilakukan melalui program pelatihan UMKM on-boarding digital dan siap ekspor baik secara tatap muka maupun edukasi online," katanya.

3. JaKreatifest buat UMKM naik kelas

Jakarta Kreatif Festival Digelar 16-18 Juni, Target Transaksi Rp8,5 MIlustrasi pengrajin kain/produk umkm (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Koharudin mengapresiasi JaKreatifest 2023 yang diinisiasi Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta. Menurutnya, event ini membuat UMKM naik kelas.

"UMKM masuk ke mal, upaya ini sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta yang terus mendorong perkembangan UMKM," katanya.

Baca Juga: Jakarta Fair Bakal Digelar 33 Hari, Catat Tanggalnya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya