Jakpro Ganti Nama Rusun Kampung  Bayam dengan Hunian Pekerja HPPO JIS

HPPO JIS merupakan bagian dari proses penataan kawasan

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengganti nama Kampung Susun Bayam yang merupakan nama rusun di Jakarta International Stadium (JIS). Dalam keterangan tertulisnya, Jakpro tidak lagi menyebut rusun Kampung Susun Bayam (KSB) namun Hunian Pekerja Pendukung Operasional (HPPO) JIS.

Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin mengatakan HPPO JIS merupakan bagian dari proses penataan Kawasan Olahraga Terpadu yang terletak di Jakarta Utara. 

"Oleh karena itu, perusahaan bersama seluruh stakeholders terkait melakukan mitigasi risiko, serta pemetaan opsi terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam masalah warga eks Kampung Bayam," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/1/2024).

1. Aset milik Jakpro

Jakpro Ganti Nama Rusun Kampung  Bayam dengan Hunian Pekerja HPPO JISSuasana Kampung Susun Bayam yang mulai dihuni oleh warga. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Iwan mengatakan, Jakpro adalah BUMD DKI Jakarta yang melakukan pembangunan di atas lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

"Di sisi lain, Jakpro selaku pemilik aset HPPO juga mengapresiasi bantuan Pemprov DKI Jakarta yang sudah memfasilitasi warga eks Kampung Bayam, dengan menyediakan Rumah Susun (Rusun) seperti Rusun Nagrak, maupun Rusun Pluit," katanya.

Baca Juga: Warga Kampung Bayam Tolak Heru Bangun Rusun: Tinggal Masuk Kok Susah!

2. Pembangunan HPPO JIS bertujuan mendukung konsep kawasan JIS

Jakpro Ganti Nama Rusun Kampung  Bayam dengan Hunian Pekerja HPPO JISJakarta internasional stadium (YouTube.com/Jakarta Internasional Stadium)

Iwan mengungkapkan daerah Kampung Bayam awalnya adalah lokasi kawasan terbuka milik Pemprov DKI Jakarta, yang sering dimanfaatkan warga sekitar Papanggo sebagai tempat pembuangan sampah.

"Setelah RAP rampung selesai pada tahun 2021, dibangunlah HPPO JIS yang bertujuan mendukung konsep keberlanjutan kawasan JIS," katanya.

3. HPPO bagian penataan JIS

Jakpro Ganti Nama Rusun Kampung  Bayam dengan Hunian Pekerja HPPO JISSuasana Kampung Susun Bayam yang mulai dihuni oleh warga. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Meski demikian, konsep keberlanjutan tidak hanya berkaitan dengan lingkungan yang hijau, namun juga melibatkan masyarakat sekitar dan warga DKI Jakarta pada khususnya dalam kegiatan Pengelolaan Operasional JIS.

"Sejak awal kehadiran JIS membawa misi kesejahteraan bagi seluruh warga DKI Jakarta, sehingga program HPPO juga merupakan bagian dari penataan Kawasan Olahraga Terpadu Jakarta International Stadium JIS," katanya 

Baca Juga: Forum RT/RW Jakut Minta Masalah Kampung Bayam Tidak Dipolitisasi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya