Jelang Tilang Uji Emisi 1 November, DLH DKI Latih 449 Peserta

Tilang uji emisi akan diberlakukan kembali

Jakarta, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan pelatihan teknisi uji emisi di Bogor, Tangerang dan Bekasi sejak 22 Agustus sampai 11 Oktober 2023.

Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, pelatihan tersebut diikuti oleh total 449 Peserta dari 234 bengkel, delapan DLH Provinsi dan Kabupaten/Kota dan DLH Provinsi Jawa Barat dan Banten. 

"Dari 234 Bengkel ada 140 bengkel yang sudah memiliki peralatan uji sehingga masyarakat Botabek lebih mudah mendapatkan pelayanan uji emisi. Oleh sebab itu, kami terus mengajak masyarakat untuk melaksanakan uji emisi terhadap setiap kendaraan pribadinya," ujar Ani di Balai Kota DKI Jakarta, (20/10/2023).

1.Tilang uji emisi akan diberlakukan lagi

Jelang Tilang Uji Emisi 1 November, DLH DKI Latih 449 PesertaRazia uji emisi di Dirlantas Polda Metro Jaya, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ani mengingatkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, bersama Dirlantas Polda Metro Jaya, akan memberlakukan kembali tilang uji emisi bagi kendaraan yang tidak lulus atau belum uji emisi pada awal November.

"Terkait tilang uji emisi, sudah dilakukan koordinasi dengan Dirlantas, dan rencananya pada awal November mendatang tilang uji emisi kembali dilaksanakan di beberapa lokasi," ujar Ani.

Baca Juga: Siap-siap, Tilang Uji Emisi Kembali Diterapkan Awal November

2. Pemprov DKI imbau masyarakat yang belum uji emisi untuk cek

Jelang Tilang Uji Emisi 1 November, DLH DKI Latih 449 PesertaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Untuk itu, Ani mengimbau pada masyarakat agar melakukan uji emisi kendaraan segera. Pihaknya sudah memastikan dengan Dirlantas tilang akan diterapkan awal November

"Untuk itu, saya mengimbau masyarakat secara aktif untuk melakukan uji emisi, sehingga jika saatnya pemberlakukan tilang uji emisi sudah lebih banyak warga Jakarta yang siap," katanya.

3. Pemprov DKI klaim tilang uji emisi efektif kurangi polusi

Jelang Tilang Uji Emisi 1 November, DLH DKI Latih 449 Pesertailustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ani mengatakan, tilang uji emisi yang sebenarnya sudah digelar sejak 1 September dihentikan sementara, setelah dinyatakan kurang efektif mengurangi polusi udara.

"Kemarin sempat dihentikan karena kita fokus memberikan akses seluas mungkin untuk masyarakat ikuti uji emisi. Sekarang, setelah sekian lama dianggap sudah cukup (efektif) jadi tilang akan kembali diberlakukan," katanya.

Baca Juga: Apes! Driver Ojol Kena Tilang 2 Kali Saat Iseng Uji Emisi Motor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya