JK: 300 Ribu Relawan PMI Dikerahkan Selama Pandemik COVID-19

Sebanyak 55 relawan PMI meninggal saat operasi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengatakan, relawan PMI banyak terlibat  penanggulangan bencana di Indonesia dan di luar negeri, salah satunya tsunami Aceh pada akhir 2004.

Menurut JK, berbagai operasi penanggulangan bencana dari PMI merupakan bukti bahwa latihan, pengabdian, dan kerelaan merupakan kunci dalam penanggulangan bencana.

"Relawan bekerja dengan ikhlas, dengan sebaik-baiknya, dan membantu dengan keahlian. Keahlian inilah yang dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat tertimpa musibah. Ditopang oleh organisasi yakni PMI, yang memfasilitasi dan mendorong logistik yang baik untuk membantu pelayanan," ujar JK dalam siaran tertulis saat peringatan Hari Relawan PMI di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (26/12/2021).

Baca Juga: Pasien COVID-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Tambah 56 Orang

1. Relawan merupakan ujung tombak pelayanan penanggulangan bencana

JK: 300 Ribu Relawan PMI Dikerahkan Selama Pandemik COVID-19Relawan PMI Kaltim saat melakukan penyemprotan disinfektan di terminal bus Samarinda (IDN Times/Ervan Masbanjar)

JK mengatakan relawan merupakan ujung tombak pelayanan dalam penanggulangan bencana. Keahlian dan semangat kebersamaan relawan merupakan kunci dalam pertolongan.

"Semangat 'kebersamaan tak terhentikan' bukan hanya untuk relawan PMI, Hari Relawan hari ini bukan hanya milik PMI, tetapi milik semua relawan yang bekerja buat kemanusiaan sebagaimana yang telah dicontohkan pada saat tsunami di Aceh, ini memberikan contoh bahwa dengan semangat bekerja sama yang sangat besar dari relawan, bencana sebesar apa pun dapat kita hadapi," kata dia.

2. Sebanyak 300.050 relawan dikerahkan

JK: 300 Ribu Relawan PMI Dikerahkan Selama Pandemik COVID-19PMI perkuat logistik antisipasi lonjakan kasus COVID-19. (dok. PMI)

Tidak hanya dalam bencana alam, peran relawan dalam penanggulangan pandemik COVID-19 juga sangat penting. Pengurus Bidang Relawan PMI Sasongko menyebutkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui relawan sebagai pemangku kepentingan utama dalam komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat, termasuk saat dalam penanggulangan COVID-19.

"Sebanyak 300.050 relawan dikerahkan PMI dalam penanggulangan COVID-19," kata dia.

Baca Juga: 5 Fakta Dahsyatnya Tsunami Aceh, Gelombang Mencapai 30 Meter

3. Sebanyak 55 relawan meninggal dunia karena COVID-19

JK: 300 Ribu Relawan PMI Dikerahkan Selama Pandemik COVID-19Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Namun, kata Sasongko, di balik kesuksesan respons COVID-19 dari PMI, terdapat puluhan relawan yang meninggal dunia. Dia menyebutkan lebih dari 50 relawan meninggal. Jumlah tersebut belum termasuk relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang tersebar di ratusan Desa di Indonesia.

"Kehilangan 55 relawan yang meninggal akibat operasi COVID-19, sudah selayaknya relawan juga mendapatkan perlindungan administrasi dan asuransi, dan Palang Merah Indonesia telah memberikan itu," ujar dia.

Hari Relawan PMI ditetapkan setahun setelah bencana tsunami Aceh oleh Presiden kelima RI Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan tersebut juga bertujuan untuk memacu semangat kebersamaan relawan yang tak terhentikan dalam menghadapi situasi krisis.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya