Jokowi Semprot Menkes Banyak Impor Alkes, Begini Pembelaan Kemenkes

Kemenkes akan dorong rumah sakit gunakan alkes buatan lokal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengkritik kementerian yang melakukan banyak impor, salah satunya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pengadaan alat kesehatan (alkes).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan pihaknya akan terus mendorong penggunaan alat produksi dalam negeri untuk digunakan di rumah sakit.

"Perlu ditingkatkan kesadaran dan menjadikan gaya hidup bagi end user dalam hal ini fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit vertikal dan Rumah Sakit Daerah untuk membeli produk alkes dalam negeri sesuai dengan perintah bapak Presiden," jelas Nadia saat dihubungi IDN Times, Senin (28/3/2022).

1. Belanja alkes lokal akan ditingkatkan

Jokowi Semprot Menkes Banyak Impor Alkes, Begini Pembelaan KemenkesKepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melakukan kunjungan ke PT Taishan Alkes Indonesia di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (27/8/2021), untuk meninjau proses produksi alat antigen buatan dalam negeri. (Dok. KSP)

Nadia menjelaskan belanja alkes dalam negeri akan ditingkatkan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022

"Produk alkes yang telah diproduksi di dalam negeri dapat masuk ke e-katalog sektoral agar lebih mudah dibeli oleh end user di pelayanan kesehatan, dan pemerintah daerah melalu e-purchasing maupun e-tendering," paparnya.

Baca Juga: Larang Jokowi Impor Alkes, Mega: Masa Gituan saja Gak Bisa Bikin

2. Alkes produk dalam negeri sudah cukup banyak diproduksi

Jokowi Semprot Menkes Banyak Impor Alkes, Begini Pembelaan KemenkesAlat-alat kesehatan yang digunakan untuk perawatan pasien. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain itu, lanjut Nadia, Alkes produk dalam negeri sudah cukup banyak diproduksi terutama alat kesehatan yang bersifat habis pakai (consumables).

Berdasarkan transaksi e-katalog alkes LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), terdapat 10 alkes terbesar berdasarkan volume yang telah banyak di produksi dan digunakan sebagai contoh alat suntik (syringe), infusion set, surgical appare seperti coverall medis, surgical masker.

3. Perbanyak produk alkes dengan teknologi menengah dan tinggi

Jokowi Semprot Menkes Banyak Impor Alkes, Begini Pembelaan KemenkesSiti Nadia Tarmizi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nadia mengatakan sementara berdasarkan value transaksi terbesar yakni electric dan manual hospital bed, patient monitor, USG dan mobile x-ray sudah dapat diproduksi dalam negeri.

"Karena jenis alkes sangat banyak, maka kedepannya perlu ditingkatkan produk portofolio alkes produksi dalam negeri dengan memperbanyak produk alkes dengan teknologi menengah dan tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyemprot Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin karena banyak melakukan impor alat kesehatan.

"Saya kalau sudah jengkel kayak gini, saya umumin nanti. Ini rumah sakit daerah beli impor, Kemenkes masih impor, tak baca nanti. Karena sekarang gampang banget, detail, harian bisa saya pantau betul," kata Jokowi saat acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022) lalu.

Baca Juga: [BREAKING] IDI Pecat Terawan, Menkes Akan Lakukan Mediasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya