Jubir COVID-19: Jadilah Pahlawan Virus Corona untuk Selamatkan Bangsa

Bangsa Indonesia pasti bisa melewati wabah virus corona

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto yakin bangsa Indonesia bisa melewati pandemi virus corona saat ini, dengan menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang lain.

"Mari kita menjadi pahlawan untuk melindungi diri, untuk melindungi orang lain, dan untuk melindungi seluruh bangsa. Ini kami yakin, kami optimis, pasti kita akan bisa," ujar dia saat konferensi pers dalam siaran langsung TVRI, Minggu (29/3).

Untuk itu, Yurianto mengimbau agar sesama anggota keluarga saling menjaga, jangan sampai yang sehat menjadi sakit.

"Kita pertahankan yang sehat tetap sehat dan kita upayakan yang mulai sakit untuk tidak menjadi sakit, dan tetap berada dalam posisi yang sehat, dengan pola hidup bersih sehat, asupan gizi yang cukup dan istirahat," dia berpesan.

Yurianto juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga jarak minimal satu meter dan menggunakan masker saat keluar rumah.

"Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta jangan sering menyentuh muka, itu menjadi penting karena di sinilah sebenarnya infeksi penularan," ujar dia.

Yurianto mengatakan kasus positif virus corona di Indonesia semakin bertambah. Hingga Minggu (29/3) jumlah kasus positif virus corona mencapai 1.285 kasus.

“Kita sudah melaksanakan (uji laboratorium) 6.500 orang, di mana kita pahami ada penambahan kasus baru 130. Sehingga sampai hari ini akumulasi menjadi 1.285 kasus,” kata dia.

Yuri menyebut angka tersebut terhitung sejak 28 Maret 2020 pukul 12.00 WIB hingga 29 Maret 2020 pukul 12.00 WIB.

"Terhitung 28 Maret pukul 12.00 WIB kemarin, hingga hari ini, 29 Maret pukul 12.00 WIB," ujar Yuri.

Baca Juga: 60 Perjalanan Kereta Batal Karena Virus Corona, Ini Daftar Lengkapnya 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya