Kabar Baik! Tahun Ini Vaksin HPV Diberikan Gratis di Seluruh Indonesia

Vaksin HPV akan diberikan pada anak perempuan sekolah dasar

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan memberikan vaksinasi HPV secara gratis guna mencegah angka pengidap kanker leher rahim (kanker serviks) pada perempuan. 

Vaksin HPV diberikan kepada anak perempuan kelas 5 dan 6 SD. Tahun ini akan diberikan secara merata di 34 Provinsi di Indonesia.

Layanan Kanker merupakan prioritas dalam Transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Salah satunya dengan memaksimalkan ketersediaan layanan kanker di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Masing-masing pilar transformasi kesehatan memiliki sekitar 10 sampai 15 program, sehingga total kita punya kurang lebih 100 program dan salah satu prioritasnya adalah layanan kanker,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulisnya dikutip Rabu (24/5/2023).

1. Kanker sebagai penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia

Kabar Baik! Tahun Ini Vaksin HPV Diberikan Gratis di Seluruh IndonesiaIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Budi menegaskan kanker sebagai penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus.

"Tidak hanya pada layanan kuratif dan rehabilitatif, Kemenkes memprioritaskan layanan kanker melalui program promotif dan preventif, terutama pada skrining dan deteksi dini," imbuhnya.

Baca Juga: 10 Juta Kematian akibat Kanker, Kemenkes Akan Terapkan Metode HPV DNA

2. Layanan primer mengalokasikan Rp9 Triliun untuk skrining termasuk kanker

Kabar Baik! Tahun Ini Vaksin HPV Diberikan Gratis di Seluruh IndonesiaOrangtua ikut mendampingi anaknya yang menjadi penyintas kanker dalam peringatan Hari Kanker Anak Internasional (HKAI) di Medan, Minggu (16/2) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Saat ini, sistem kesehatan di Indonesia lebih mengarah pada upaya-upaya pencegahan daripada pengobatan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui skema Jaminan Kesehatan Nasional menjamin pembiayaan gratis untuk skrining 14 jenis penyakit di Puskesmas, salah satu diantaranya program layanan skrining kanker.

“Wujud implementasi transformasi layanan primer yakni melalui BPJS yang saat ini tengah mengalokasikan Rp9 Triliun untuk pembiayaan layanan skrining yang di dalamnya termasuk untuk kanker,” kata Menkes.

3. HPV DNA test dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta

Kabar Baik! Tahun Ini Vaksin HPV Diberikan Gratis di Seluruh Indonesiailustrasi human papillomavirus atau HPV (nfid.org)

Kemenkes menyiapkan program percontohan untuk pemeriksaan kanker serviks menggunakan metode HPV DNA Test. Saat ini HPV DNA test dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta, yaitu Jakarta pusat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

“Hal ini kita dilakukan karena kedepannya akan ada tambahan program pengembangan metode Genome Sequencing di 38 Laboratorium Kesehatan Masyarakat di Indonesia,” ujar Budi.

Baca Juga: Infeksi HPV Menjadi Penyebab Kanker Serviks, Ayo Vaksin HPV!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya