Kebocoran PAM di Petamburan Teratasi, Diduga karena Akar Pohon

Pipa PAM Jaya sudah ada yang berusia 100 tahun

Jakarta, IDN Times - Kebocoran PAM di Jalan Petamburan IV, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah teratasi.

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya berhasil mengatasi kebocoran pipa besar di wilayah tersebut dalam waktu 1x24 jam.

"Perbaikan rampung sekitar pukul 01.05 dinihari dengan mematikan WTP IPA Pejompongan terlebih dahulu," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

1. Dugaan awal kebocoran disebabkan akar pohon besar

Kebocoran PAM di Petamburan Teratasi, Diduga karena Akar PohonAkar pohon beringin di Makam Loang Baloq yang menjadi tempat peziarah mengikat nazar. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Arief mengungkapkan, sebelumnya telah dilakukan tahap deteksi kebocoran yang memang tidak mudah dan memakan waktu, serta pengajuan izin pemangkasan pohon ke Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

"Dugaan awal kebocoran disebabkan dorongan akar pohon besar yang serabutnya mendorong bebatuan dan pipa besar yang sudah berusia 77 tahun. Kami juga sedang melakukan forensik agar diketahui deteksi seperti apa kerusakan," ujar Arief .

Baca Juga: Ganjar Kritik Krisis Air Bersih di Jakarta, Heru: Saya Dorong PAM

2. PAM lakukan tes lab untuk pastikan pasokan air bersih

Kebocoran PAM di Petamburan Teratasi, Diduga karena Akar PohonPAM Jaya ambil alih air bersih di DKI Jakarta. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Setelah dilakukan perbaikan, menurut Arief, pihaknya harus menunggu pengeringan yang dilanjutkan proses flushing, vakumisasi atau mengeluarkan angin-angin.

"Kamu melakukan tes lab untuk memastikan pasokan air yang kembali disalurkan ke konsumen sesuai kategori Permenkes 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum,"katanya.

3. Pasokan air PAM sudah normal

Kebocoran PAM di Petamburan Teratasi, Diduga karena Akar PohonPAM Jaya ambil alih air bersih di DKI Jakarta. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Arief memastikan, pasokan air bersih ke warga sudah normal kembali pada Minggu, 24 September 2023 siang. Bahkan, Direktur Pelayanan PAM Jaya bersama tim regional juga telah berkeliling guna memastikan penyaluran sudah kembali hingga ke fishing port.

"InsyaAllah sudah normal dan mohon diinformasikan jika masih ada hambatan," paparnya.

4. Pipa PAM Jaya sudah ada yang berusia 100 tahun

Kebocoran PAM di Petamburan Teratasi, Diduga karena Akar PohonPipa Pam Jaya bocor di Petamburan/Dok BNPB

Arief mengungkapkan, pihaknya juga telah melapor kepada Pj Gubernur DKI Jakarta perihal rehab pipa sebagai langkah antisipasi mencegah kebocoran nantinya. Sebab, pipa PAM Jaya sudah ada yang berusia 100 tahun.

"Salah satu identifikasi kami, kenapa kebocoran air di Jakarta tinggi di angka 46 persen. Ini PR besar bagi kami untuk mendeteksi pipa mana saja yang perlu diganti dengan skala prioritas," ujar dia.

Baca Juga: Pipa PAM Petamburan Bocor, 40 Kelurahan di Jakarta Terdampak

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya