Comscore Tracker

Kembali Blusukan, Mensos Risma : Duh Kasihan, Ikut Yuk

Risma ajak tunawisma ke Balai Pangudi Luhur

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, kembali melakukan blusukan di sudut Jakarta saat menuju perjalanan ke kantor pada Kamis (25/2/2021) pagi.

Dalam video yang diterima IDN Times dari Humas Kemensos, wanita yang akrab disapa Risma seketika turun dari mobil hitam saat melihat seorang wanita tidur bersama tiga anak kecil di emperan toko kawasan ITC Roxy Mas, Cideng, Jakarta Pusat. Sambil membagikan nasi kotak, Risma merasa kasihan melihat keadaan tunawisma tersebut.

"Ayo makan nak. Makan sayang, makan ya, kenapa tidur sini, kasihan dia. Duh kasihan," ujarnya sambil memberikan nasi kotak.

Baca Juga: Mensos Risma Berharap Ada Artis Beli Rolls-Royce yang Dilelang

1. Risma marahi perempuan ajak anak tidur di emperan toko

Kembali Blusukan, Mensos Risma : Duh Kasihan, Ikut YukMensos Risma blusukan di kawasan ITC Roxy Jalan Hasyim Ashari, Cideng, Jakarta Pusat (Dok. Kemensos)

Berdasarkan keterangan Kemensos, wanita tersebut bernama Siti Ropiah. Dalam video, Risma nampak memarahi perempuan yang diduga orang tua anak-anak tersebut karena tidur di pinggir jalan. Bahkan, Risma menawarkan Siti diantar pulang.

"Pulang, saya anter mobilku banyak, jangan tidur di sini kasihan nanti sakit. Ayo ikut," ujar Risma.

2. Risma ajak pemulung ke balai

Kembali Blusukan, Mensos Risma : Duh Kasihan, Ikut YukMensos Risma blusukan di kawasan ITC Roxy Jalan Hasyim Ashari, Cideng, Jakarta Pusat (Dok. Kemensos)

Tidak hanya Siti, Risma juga menyapa pasangan suami-istri yang bekerja sebagai pemulung yakni Anto dan Novi. Menurut pengakuannya Anto pernah bekerja sebagai kuli di Adhi Karya.

"Ya sudah ikut aku ya, biar enggak kehujanan. Nanti diajari jualan," ajak Risma.

Mereka didampingi Tim Reaksi Cepat Kemensos untuk diantar ke Balai Pangudi Luhur untuk diberikan pelatihan keterampilan yang diharapkan mampu memperbaiki ekonominya.

3. Risma ungkap alasan blusukan

Kembali Blusukan, Mensos Risma : Duh Kasihan, Ikut YukMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Beberapa waktu lalu, Risma pernah beberkan alasan blusukan di jalanan Jakarta. Risma mengungkapkan, aksinya menemui penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jakarta bukan hal yang dibuat-buat, sebab kegiatan bertemu dan berbincang dengan tunawisma atau gelandangan sudah dilakukannya sejak menjadi Wali Kota Surabaya.

"Bukan hanya sejak jadi Mensos, saya setiap hari berangkat ke kantor melalui jalan berbeda selalu memperhatikan orang-orang itu. Saya tidak tahu jalan di Jakarta. Apa yang ditemui dan lihat, itu yang saya ajak bicara," ujar Risma kepada wartawan saat mengunjungi Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga: Mensos Risma: Dibina Kemensos, Korban NAPZA Sukses Dirikan Kafe

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya