Kemenhub Minta Semua Operator Penerbangan Cek Kesehatan

Pilot Batik Air pusing sehingga mendarat darurat di Kupang

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menegaskan kepada seluruh operator penerbangan untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi pilot, kru kabin dan teknisi sebelum terbang pascainsiden Emergency Landing penerbangan pesawat Batik Air ID – 6548 rute Bandar Udara Soekarno – Hatta - Bandar Udara El Tari Kupang, Minggu (17/11).

Dalam keterangan tertulis, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti memerintahkan kembali seluruh operator penerbangan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pilot, kru kabin dan teknisi sesuai dengan CASR 121.535 agar keselamatan penerbangan tetap terjaga.

“Sebelum terbang, operator penerbangan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pilot,crew kabin dan teknisi yang bertugas. Ini sangat penting, agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin,” tegasnya.

Polana juga menyampaikan apresiasi kepada kepada kru pesawat yang sigap melakukan tindakan darurat dan juga seluruh pihak yang membantu sehingga pesawat dapat mendarat darurat dengan selamat.

Kepala Bagian Komunikasi Strategis Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengakui, pilot Batik Air nomor penerbangan ID 6548 mengalami gangguan kesehatan, dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas saat membawa pesawat tersebut.

"Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot in Command (PIC) dalam hal ini pilot merasa adanya gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas," ujarnya dilansir dari Antara, Minggu (17/11).

Danang mengungkapkan seluruh kru yang bertugas bekerja, sudah berdasarkan prosedur dan tindakan yang tepat. Pilot mendapatkan pertolongan pertama.

Penerbangan ID-6548 dengan komando kopilot (first officer) dan menginformasikan bahwa akan mendarat dalam keadaan darurat (emergency landing).

"Kondisi ini sudah sesuai tindakan operasional penerbangan dalam buku manual," kata Danang.

Baca Juga: Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan Pesawat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya