Kemenkes Luncurkan SatuSehat, Mudah Akses Resume Rekam Medis Pribadi

Semua riwayat pengobatan masuk dalam aplikasi SatuSehat

Jakarta, IDN Times- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI resmi meluncurkan Rekam Medis Elektronik (RME), yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di platform SatuSehat mobile.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji, pada pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

“Mulai hari ini, secara resmi, masyarakat dapat mengakses resume medis pribadi miliknya secara online di SatuSehat mobile. Ini menjadi salah satu capain besar Kemenkes RI dalam menghadirkan inovasi dan efisiensi pelayanan kesehatan melalui digitalisasi,” kata Setiaji, dikutip dari laman resmi Kemkes, Minggu (12/11/2023).

Baca Juga: Kemenkes Tegaskan Kasus Korupsi APD Terjadi Sebelum Era Menkes Budi

1. Pasien bisa melihat resume medis

Kemenkes Luncurkan SatuSehat, Mudah Akses Resume Rekam Medis Pribadiilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Setiaji mengatakan dengan mengakses fitur resume medis di SatuSehat mobile versi terbaru, pasien dapat melihat riwayat kunjungan, diagnosa dokter, hingga obat yang diberikan di fasyankes yang telah menggunakan RME, melalui sistem informasi manajemen masing-masing serta telah terintegrasi dengan platform SatuSehat.

“Jika masyarakat sebelumnya telah terdaftar sebagai pasien dan melakukan pengobatan di Fasyankes itu, setidaknya sejak September 2022, seluruh data RME yang tercatat sebelumnya juga akan tersinkronisasi otomatis pada fitur tersebut,” ucap dia.

2. Lakukan verifikasi dahulu ya

Kemenkes Luncurkan SatuSehat, Mudah Akses Resume Rekam Medis Pribadiinfografik aplikasi SatuSehat by Kemenkes (dok. Kemenkes)

Untuk merasakan manfaat di platform ini, masyarakat harus melakukan verifikasi profil (centang biru) terlebih dahulu di 36 rumah sakit vertikal, yang daftarnya bisa diakses di SatuSehat mobile.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengunjungi booth pelayanan verifikasi profil (know your customer/KYC) SatuSehat Mobile, seperti yang tersedia pada pameran HKN dan Ayo Sehat Fest kali ini.

Baca Juga: Korupsi APD Kemenkes Terjadi Saat COVID-19, Negara Rugi Ratusan Miliar

3. Permudah tenaga medis cek riwayat kesehatan

Kemenkes Luncurkan SatuSehat, Mudah Akses Resume Rekam Medis PribadiIlustrasi nakes melakukan rapid test (IDN Times/Herka Yanis)

Setiaji menerangkan, ada banyak manfaat dengan hadirnya inovasi ini. Salah satunya dengan menghilangkan kemungkinan pemeriksaan berulang atau keharusan membawa berkas rekam medis fisik saat pasien hendak berpindah fasyankes.

“Ini juga berguna untuk kasus kedaruratan medis pasien di fasyankes. Tenaga medis hanya perlu mengakses RME pasien tersebut, maka semua riwayat penyakitnya akan muncul untuk menghindari potensi kesalahan dan mempercepat keputusan tindakan yang harus dilakukan,” katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya