Kemenkes Siapkan 1.805 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Pos Kesehatan disediakan sampai 8 Mei 2022

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir menyebutkan sektor kesehatan siap menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan sebanyak 15.555 fasilitas pelayanan kesehatan di 34 provinsi terdiri dari 10.292 Puskesmas, 279 Public Safety Center, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 1.805 pos kesehatan dan 3.128 rumah sakit.

“Pengaktifan Pos Kesehatan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 direncanakan pada tanggal 25 April hingga 8 Mei 2022 dengan perkiraan puncak arus mudik akan terjadi pada 30 April dan perkiraan puncak arus balik pada 8 Mei 2022,” ujarnya dalam siaran tertulis, Kamis (28/4/2022).

1. Pos pelayanan kesehatan tersedia selama 24 jam

Kemenkes Siapkan 1.805 Pos Kesehatan di Jalur MudikPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anggota TNI yang bertugas di Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Kadir mengatakan pos pelayanan kesehatan tersedia selama 24 jam lengkap dengan tenaga kesehatan yang bertugas secara shifting.

"Pos pelayanan kesehatan siap melayani pemeriksaan maupun pemberian obat. Apabila dibutuhkan perawatan lebih lanjut, sejumlah RS di titik-titik jalur mudik juga telah disiagakan sebagai RS rujukan," katanya.

Baca Juga: Motor Sport Touring Bekas, Harga di Bawah Rp10 Juta 

2. Pemudik bisa memanfaatkan layanan kesehatan

Kemenkes Siapkan 1.805 Pos Kesehatan di Jalur MudikIlustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Dengan adanya pos-pos pelayanan kesehatan pada mudik Lebaran 2022, Kadir meminta kepada para pemudik agar dapat memanfaatkan layanan kesehatan untuk cek kesehatan guna meminimalisasi risiko kesehatan selama perjalanan mudik.

“Saya berharap tim pemantauan pos kesehatan di 3 jalur mudik bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Stamina teman-teman juga penting, harus dijaga dengan baik. Intinya ini untuk masyarakat supaya mereka bisa mudik dengan lancar,” ujarnya.

3. Diperkirakan ada 85 juta orang yang akan mudik Lebaran

Kemenkes Siapkan 1.805 Pos Kesehatan di Jalur MudikIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Kemenkes melepas 3 tim pemantauan yang diberangkatkan di 3 jalur mudik yakni jalur Jakarta-Surabaya, jalur Jakarta-Yogyakarta dan jalur Jakarta-Lampung.

Menurut Kadir, seluruh tim akan melihat kesiapan pelayanan kesehatan baik di KKP, bandara, stasiun, Fasyankes seperti RS, PSC 119 dan pos-pos kesehatan di rest area maupun jalan tol.

“Diperkirakan akan ada 85 juta orang yang akan mudik Lebaran, saya juga tidak terbayang bagimana situasi dan kondisi di lapangan. Itulah pentingnya teman-teman melakukan pemantauan untuk memastikan semua fasilitas pelayanan kesehatan baik di rest area jalan tol maupun non tol sudah siap,” ujarnya.

Baca Juga: 6 Tempat Sewa Motor di Jogja, Biar Trip Makin Seru

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya