Kemenko PMK: Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penanganan Bencana Mulai 2024

Pemakaian dana desa agar bencana cepat teratasi

Jakarta, IDN Times - Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sorni Paskah Daeli menyatakan, anggaran dana desa bisa digunakan untuk penanggulangan bencana mulai 2024.

"Pemerintah memang sudah mengantisipasi itu misalnya di dalam dana desa itu bisa digunakan untuk kebencanaan mulai 2024 itu bisa digunakan. Dulu tidak," ujar Sorni dalam Deputy Meet Press belum lama ini.

1. Pemerintah desa masih ragu

Kemenko PMK: Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penanganan Bencana Mulai 2024Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sorni Paskah Daeli dalam Deputy Meet Press di Kemenko PMK, Senin (18/3/2024) /Istimewa

Sorni mengatakan meski sudah terbuka untuk penanganan bencana namun banyak pemerintah desa masih ragu menggunakan dana desa untuk bencana.

"Meski dalam praktiknya desa masih ragu tapi pusat di juknis sudah memasukkan komponen penanggulangan bencana," imbuhnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Gibran Sebut Dana Desa Pangkas Angka Desa Tertinggal

2. Penggunaan dana desa agar bencana cepat teratasi

Kemenko PMK: Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penanganan Bencana Mulai 2024Jusuf Kalla serahkan bantuan kepada korban banjir Demak (dok. PMI)

Padahal, lanjut Sorni, penggunaan dana desa untuk bencana ini untuk mengantisipasi respon pusat yang harus melalui beragam prosedur. Menurut dia, penanganan yang cepat sangat penting selain untuk meminimalisasi dampak bencana juga mencegah lahirnya masalah kemiskinan ekstrem baru.

"Dana desa sudah ada, bisa digunakan oleh kepala desa dan aparatur desa untuk membantu yang miskin. Itu yang sudah dilakukan," terangnya.

Baca Juga: Gempa Tuban 256 Kali: 4.679 Ribu Rumah dan Ratusan Fasum Rusak

3. Pemerintah keluarkan juknis tiap tahun

Kemenko PMK: Dana Desa Bisa Dipakai untuk Penanganan Bencana Mulai 2024Masyarakat Desa Adat Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng kompak melestarikan air dalam tanah (IDN Times/istimewa)

Sorni memastikan, pihaknya berkomitmen menjaga penggunaan dana desa sesuai manfaatnya. Selain itu pemerintah selalu mengeluarkan Juknis terkait peruntukkan dana desa setiap tahun.

"Kita di Kemenko PMK selalu mengawasi penggunaan dana desa ini bersama-sama dengan Kemendes dan Kemendagri karena dua komponen ini ada di desa yang notabene kementerian teknis yang menangani desa," kata Sorni.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya