Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa Cianjur

Gerakan Kumham Peduli Cianjur bentuk kepedulian pegawai

Jakarta, IDN Times - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan bantuan sosial Kumham Peduli Cianjur kepada masyarakat terdampak gempa yang terjadi pada 21 November 2022 lalu.

"Alhamdulillah pada hari Jumat, 16 Desember 2022 pukul 10.00 sampai 11.00 WIB bertempat di Lapas Cianjur Jawa Barat, telah dilaksanakan pemberian Bansos dalam rangka Kumham Peduli Cianjur," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menyampaikan dalam pidatonya, Sabtu (17/12/2022).

1. Dana dari Program Kumham Peduli Cianjur berasal dari seluruh pegawai

Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa CianjurKemenkumham salurkan bantuan korban gempa Cianjur, Jumat (17/12/2022)/dok Humas Jumat

Andap menyampaikan apresiasi atas kepedulian seluruh pegawai jajaran Kemenkumham pada program "KUMHAM Peduli Cianjur" sehingga terkumpul dana sebesar Rp2.201.058.901,-. 

Gerakan Kumham Peduli Cianjur diberikan kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur dan masyarakat sekitar yang terdampak bencana tersebut.

“Satuan kerja Kemenkumham pun ikut terdampak dari gempa bumi ini, yaitu Lapas Kelas IIB Cianjur, yang juga mengalami kerusakan cukup parah,” ucap Andap saat memimpin apel kegiatan Pemberian Bantuan Sosial Kemenkumham Peduli Cianjur tersebut.

Baca Juga: Ini Klaim Keberhasilan Kemenkumham Sepanjang 2022 

2. Masyarakat terdampak gempa mendapatkan uang dan paket sembako

Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa CianjurDampak gempa mag 5.6 di Cianjur pada Senin (21/11/2022). (twitter.com/merapi_uncover)

Dia menerangkan distribusi bantuan telah disesuaikan kebutuhan di lapangan, dengan alokasi, santunan uang tunai bagi korban Pegawai Lapas Cianjur dan Masyarakat sekitar. 

Selain uang tunai, bantuan juga diberikan dalam bentuk, sembako, obat-obatan, selimut, bantal, payung, sepatu booth, alat kesehatan, tong sampah, dan trash bag.

"Ada 3.000 paket sembako bagi masyarakat ," ujarnya.

Pemberian bantuan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto yang mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly kepada Pegawai dan masyarakat sekitar yg terdampak akibat gempa baik meninggal dunia, luka berat dan rumah rusak berat .

3. Warga banyak yang mengeluhkan ISPA

Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa CianjurKemenkumham salurkan bantuan korban gempa Cianjur, Jumat (17/12/2022)/dok Humas Jumat

Dia menambahkan kegiatan "Kumham Peduli Cianjur" diawali dengan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar Lapas Cianjur oleh Tim Medis dari RS Pengayoman. Pasien juga diberikan tali asih berupa paket Sembako.

"Pada pelayanan kesehatan, dapat melayani sekitar 500 masyarakat, dimana rat-rata pasien dengan keluhan ISPA," ungkapnya.

Baca Juga: Benarkah Rentetan Gempa Baru-baru Ini Terkait Gempa Cianjur?

4. Bantuan juga akan didistribusikan ke enam lokasi

Kemenkumham Salurkan Bantuan Rp2,2 M untuk Korban Gempa CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selain memberikan sembako, Kemenkumham juga memberangkatkan Relawan Tim Raider untuk mendistribusi penyaluran paket bansos sampai Minggu (17/12/22).

Adapun distribusi tersebut berupa 930 paket disalurkan ke Posko Nagrak 440 paket, Cikadal 160 dan Posko Warkon 330 paket l.

Kemudian sebanyak 1.140 paket diberikan ke Legok Gedang 180 paket, Pamengpek 65, Cikadal 350, Cihikeu, 120, Salakawung, 150 dan Imbangan, 275 paket.

Lalu dari Posko Bansos Lapas Cianjur 930 paket disalurkan ke Pegawai Lapas 93 paket, Pegawai, PPNPN Kanim 22 paket Masyarakat 565 paket dan Keluarga WBP 250 paket.

"Distribusi bantuan, meliputi 6 lokasi, yakni Kampung Legok Gedang, Desa Nyalindung Kampung Cikadal, Desa Sarampad Kampung Salakung, Kampung Cihikeu, dan Kampung Limbangan dan Kampung Pamengpeuk," imbuhnya.

 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya