Comscore Tracker

Kemensos Gandeng PT Pos Salurkan Bansos BPNT Rp200 Ribu 

BPNT kini bisa diberikan secara tunai

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial menggandeng PT Pos Indonesia untuk percepatan pencairan bantuan sosial (bansos) bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako secara tunai sebesar Rp200 ribu per bulan. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan BPNT akan disalurkan secara tunai.

"Kami sudah memutuskan untuk menyalurkan BPNT/Kartu Sembako secara tunai dengan melibatkan PT Pos Indonesia," kata Mensos dalam siaran tertulis, Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Mensos Risma Sebut Bansos Sembako 2022 Bisa Dicairkan secara Tunai 

1. Sebanyak 2,1 persen anggaran bansos akan disalurkan tahun ini

Kemensos Gandeng PT Pos  Salurkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau penyaluran bansos di Jombang, Minggu (6/2/2022). (dok. Kemensos)

Risma menerangkan mekanisme pencairan bantuan oleh PT Pos Indonesia tidak melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dengan demikian, dia berharap kecepatan dalam penyaluran bisa ditingkatkan.

Untuk Tahun Anggaran 2022, pagu bansos Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kemensos sebesar Rp102.517.951.650.000. "Sebesar 2,1 persen dari pagu tersebut, masih membutuhkan penyaluran pada tahun 2022," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Daftar DTKS dan Cek Penerima Bansos Kemensos 2022 Via Aplikasi  

2. KPM bisa mencairkan bantuan sekaligus tiga bulan

Kemensos Gandeng PT Pos  Salurkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Kegiatan penyerahan kartu KKS di Balai Desa Kanigoro, Kabupaten Malang. (dok. Humas Kemensos)

Proses penyaluran secara tunai untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT/Kartu Sembako terus dimatangkan. Risma mengatakan nantinya akan menerima bantuan untuk tiga bulan dalam sekali pencairan.

"KPM bisa mencairkan bantuan sekaligus untuk tiga bulan," imbuh Risma.

Baca Juga: Bansos Lewat 31 Desember Hangus, Penerima BPNT Bisa Diberi Uang Tunai

3. BPNT yang diberikan KPM berada bawah standar

Kemensos Gandeng PT Pos  Salurkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Daniel mengambil daging ayam program BPNT yang disimpan di Freezer. IDn Times/Zainul Arifin

Keputusan untuk menyalurkan BPNT/Kartu Sembako secara tunai, merupakan hasil evaluasi dari penyaluran di sejumlah tempat. Di antara informasi yang didapat adalah KPM menerima bantuan dalam bentuk paket.

"Yang semestinya KPM bisa bebas menentukan jenis barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Di sejumlah lokasi juga diketahui kualitas barangnya di bawah standar," ungkap Risma.

4. BPNT dalam bentuk tunai sebesar Rp200 ribu

Kemensos Gandeng PT Pos  Salurkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Ilustrasi petugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama ke salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4) (Dok. Kemensos)

Sebelumnya pada kesempatan mengecek pencairan bansos di sejumlah daerah, Risma menekankan bahwa BPNT dalam bentuk tunai dengan nilai sebesar Rp200 ribu per bulan sesuai Perpres No 63 tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

"Di Perpres Nomor 63 tahun 2017 penerima bantuan tidak harus menerima dalam bentuk barang. Kalau mau ngambil uangnya dari ATM atau dari bank boleh. Jadi di Perpres itu indikasinya bisa uang tunai," kata Risma beberapa waktu yang lalu.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya