Kepala Dishub DKI: Pengukuhan DTKJ Babak Baru Kurangi Macet Jakarta

DTKJ akan fokus mengurangi dampak kemacetan Jakarta

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 19 anggota Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) periode 2023-2026 dikukuhkan di Balairung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 541 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Dewan Transportasi Kota Provinsi DKI Jakarta Periode 2023-2026.

"Pengukuhan ini bisa menjadi babak baru bagi DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan dan mengoptimalkan penggunaan transportasi publik," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jaya

1. Diharapkan aktif memberi masukan ke Dishub DKI

Kepala Dishub DKI: Pengukuhan DTKJ Babak Baru Kurangi Macet Jakartailustrasi kemacetan Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Syafrin berharap, terpilihnya DTKJ periode baru ini bisa memberikan masukan pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dishub DKI.

"Jadi rekan-rekan anggota DTKJ ini sudah bekerja sejak April dan periode kerja mereka akan selesai pada Maret 2026. Kita harapkan dapat memberikan saran dan masukan kepada Pemprov DKI Jakarta dalam rangka perbaikan kerja transportasi Jakarta secara keseluruhan," ujar Syafrin.

2. Anggota DTKJ terdiri dari berbagai unsur masyarakat

Kepala Dishub DKI: Pengukuhan DTKJ Babak Baru Kurangi Macet JakartaMengukuhkan DTKJ/DOK humas

Ketua DTKJ terpilih Haris Muhammadun mengatakan, anggota DTKJ yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat diharapkan bisa bersinergi dan bekerja selama tiga tahun ke depan.

Haris menyebutkan, ada 19 orang dalam DTKJ yang terdiri dari unsur akademisi, pakar transportasi, pengusaha transportasi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) transportasi, pengguna transportasi, awak angkutan, hingga ex office dari Polda Metro Jaya, serta Dishub DKI Jakarta.

"Dari berbagai background itu, kita ingin bersinergi dan berkolaborasi untuk menjadikan transportasi Jakarta menjadi lebih baik seperti slogan: Sukses Jakarta untuk Indonesia," jelas Haris.

3. DTKJ akan fokus mengurangi kemacetan Jakarta

Kepala Dishub DKI: Pengukuhan DTKJ Babak Baru Kurangi Macet JakartaIDN Times/Hana Adi Perdana

Haris mengungkapkan, DTKJ akan fokus terhadap berbagai langkah strategis dalam mengurangi dampak kemacetan Jakarta.

Di antaranya fokus memperluas cakupan rute transportasi publik, rekomendasi kebijakan tarif Transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta, hingga rekomendasi kebijakan WFH dan WFO untuk warga yang bekerja di Jakarta.

"Pertama, waktu pengaturan ulang jam kerja yang pada akhirnya kami memang evaluasi, dan ternyata bersifat imbauan saja. Yang paling bagus adalah bagaimana kita memperluas jangkauan angkutan umum," ungkap Haris.

Baca Juga: Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jaya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya