Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jaya

Pemprov DKI akan lakukan upaya digitalisasi para pedagang

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan melakukan pertemuan dengan PD Pasar Jaya dan UMKM terkait kondisi Pasar Tanah Abang yang sepi gegara TikTok shop.

Heru mengatakan pihaknya sudah memanggil PD Pasar Jaya dan membahas kondisi tersebut, nantinya juga akan bertemu dengan pelaku UMKM terkait upaya digitalisasi Pemprov DKI Jakarta untuk pelaku UMKM termasuk pedagang Pasar Tanah Abang.

"Iya iya betul (upaya digitalisasi) nanti dibahas nanti dengan pasar (pedagang Tanah Abang), UMKM, teman-teman e-commerce besok salah satunya," ujar Heru di Balai Kota DKI, Senin (25/9/2023).

1. Pedagang Pasar Tanah Abang mengeluh sepi gegara TikTok shop

Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jayailustrasi Pedagang Tanah Abang live di lapak Blok A Pasar Tanah Abang, Jumat (22/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pedagang gamis di Blok A Pasar Tanah Abang, Diah, mengatakan sejak marak e-commerce ditambah adanya TikTok shop, penjualannya turun drastis sampai 60 persen. Diah sempat berinovasi, dengan merambah e-commerce dan social commerce. Namun, berdasarkan pengalamannya, tidak mudah meraih pelanggan di sana.

"Sebenarnya kami live juga, namun tidak terlalu sering karena persaingan juga lumayan dan sepi. Karena harga yang kami tawarkan juga stabil. Nah, jeleknya TikTok itu, harganya doang (lebih murah)," ungkap Diah, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Jerit Pedagang Tanah Abang Gegara TikTok Shop, Live Juga Sepi

2. Kalah saing dengan barang impor

Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar JayaIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Sementara itu Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Wa Ode Herlina, mengakui pedagang Pasar Tanah Abang tidak bisa bersaing dengan TikTok shop sebab barang-barang yang diimpor berasal dari China, Malaysia, dan Vietnam.

"Mereka gak bisa bersaing, kalau bicara konveksi sini, lebih mahal dibandingkan China. Makanya, orang lebih milih ke konveksi ke China, daripada Jakarta," katanya.

3. Revisi Permendag 50/2000 segera terbit

Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jayailustrasi Pedagang Tanah Abang live di lapak Blok A Pasar Tanah Abang, Jumat (22/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyampaikan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 sudah sampai di meja Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Itu artinya, hanya butuh satu tanda tangan dari Jokowi untuk menjalankan kembali peraturan tersebut.

Permendag 50/2020 mengatur tentang Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Elektronik (PPMSE). Revisi beleid tersebut dilakukan guna melindungi usaha mikro kecil menengah atau UMKM dalam negeri dari produk-produk impor yang dijual di TikTok Shop.

"Apapun yang datang ke kita jangan sampai mematikan, merugikan UMKM. Oleh karena itu, kami merevisi Permendag 50/2020. Itu sudah selesai, tinggal sebentar lagi kirim surat ke Mensesneg agar nanti surat dari Presiden datang, sudah jadi Permendagnya, baru nanti saya tanda tangan," kata pria yang karib disapa Zulhas tersebut saat ditemui IDN Times, di kantornya, Jumat (22/9/2023).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya