Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu Bulan

Polri akan berikan perawatan terbaik

Jakarta, IDN Times - Seorang bocah perempuan berusia enam tahun yang menjadi korban penculikan akhirnya ditemukan setelah satu bulan menghilang.

Penculikan bocah bernama Malika ini viral saat video detik-detik pelaku yang seorang pemulung membawa korban tersebar di media sosial. Saat ini, Malika sudah mendapatkan perawatan dirawat di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

1. MA jalani trauma healing

Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu BulanIlustrasi Korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Polri memastikan bahwa akan memberikan perawatan terbaik hingga pulih kepada MA.

"Langsung ditangani oleh Rumah Sakit Bhayangkara untuk diberikan trauma healing, perawatan fisik dan psikis sampai sembuh," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

 

Baca Juga: Bocah 6 Tahun Korban Penculikan Akhirnya Ditemukan, Kini di RS Polri 

2. Polri berikan perawatan terbaik

Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu BulanKapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo ditemui di kawasan Stadion GBK, Jakarta, Minggu (26/11/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dedi mengungkapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan kepada RS Polri untuk memberikan perawatan terbaik kepada anak tersebut dan semua biaya ditanggung Polri.

"Biayanya semua ditanggung oleh Polri. Perintah Pak Kapolri langsung. Dirawat sampai sembuh fisik dan psikisnya. Semua biaya perawatan dibiayai oleh Polri," ujar Dedi.

3. Polda Metro Jaya akan usut kasus penculikan terhadap anak sampai tuntas

Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu BulanDirektur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Roma Hutajulu (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dedi menegaskan Kapolri juga telah menginstruksikan kepada jajaran Polda Metro Jaya agar menuntaskan kasus penculikan terhadap anak tersebut sampai tuntas.

"Untuk pihak keluarga tetap tenang. Dan proses penyidikan tetap menjadi atensi pimpinan untuk ditindaklanjuti sampai tuntas," ucap Dedi.

4. Korban akan dikembalikan ke orang tua setelah pulih

Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu Bulanilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Dedi mengatakan RS Polri akan segera mengembalikan anak tersebut kepada pihak keluarga saat kondisi sang anak saat sudah pulih.

"Kondisi secara umum stabil. Ada perawatan-perawatan dan itu dipulihkan dahulu. Setelah nanti asesmen dari tim dokter, layak dan sehat bisa dikembalikan ke orang tua segera nanti dikoordinasikan dikomunikasikan ke orang tua," terang Dedi.

Baca Juga: Ini 20 Kasus Besar yang Ditangani Polri Selama 2022

5. MA ditemukan di gerobak untuk memulung

Kondisi Terkini Malika, Bocah yang Diculik Pemulung Selama Satu BulanSeorang pemulung di TPA Sarimukti, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan, MA ditemukan di kawasan Pasar Cipadu, Tangerang Kota. MA dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk menjalani pemeriksaan kesehatan setelah satu bulan diculik.

"Saat ini korban kami bawa untuk dilakukan pemeriksaan, mengingat sudah cukup lama bersama dengan terduga pelaku," kata Komarudin di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, dikutip dari ANTARA, Selasa (3/1/2023).

MA diculik oleh pelaku, yakni Iwan Sumarno alias Jacky alias Herman alias Yudi pada 7 Desember 2022 hingga ditemukan pada 2 Januari 2023 malam.

Komarudin mengatakan, MA diselamatkan oleh jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Pusat dari tangan pelaku, saat berada di dalam gerobak barang bekas yang digunakan pelaku untuk memulung.

"Korban berada di sebuah gerobak yang dibawa oleh terduga pelaku. Terduga pelaku menyampaikan aktivitasnya sama seperti aktivitas saat berada di sekitar Sawah Besar," ujar Komarudin.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya