Lagi, Pelecehan Seksual Terjadi di TransJakarta saat Korban Tertidur

Korban masih di bawah umur

Jakarta, IDN Times - Pelecehan seksual di bus TransJakarta kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang penumpang bus TransJakarta rute Kampung Melayu-Tanah Abang.

Kepala Divisi Sekretaris Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri, membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan dugaan pelecehan tersebut terjadi pada layanan rute non BRT Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini pada Sabtu (25/2/2023) sekitar pukul 07.40 WIB.

Baca Juga: Polda Metro Buka Suara soal Pelaku Pelecehan Seksual di TransJakarta

1. Korban terlelap saat duduk di bus TransJakarta

Lagi, Pelecehan Seksual Terjadi di TransJakarta saat Korban TertidurKaryawan mencoba alat pembayaran nontunai saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Apri menjelaskan peristiwa tersebut terjadi saat penumpang perempuan TransJakarta tertidur di bangku saat dalam perjalanan.

"Tiba-tiba dia merasa mendapat pelecehan dari seorang pria yang duduk di sebelahnya," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (26/2/2023).

2. Pelaku pelecehan seksual diserahkan ke Polres Jakarta Pusat

Lagi, Pelecehan Seksual Terjadi di TransJakarta saat Korban TertidurPelaku pelecehan seksual untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak berwajib ke Polres Jakarta Pusat/Dok humas Transjakarta

Mendapat perlakuan tidak menyenangkan tersebut, korban langsung melaporkan kepada pramusapa TransJakarta atas kejadian yang dialaminya.

“Pramusapa dengan sigap mengamankan pelaku pelecehan seksual, untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak berwajib ke Polres Jakarta Pusat, untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," kata Apri.

Baca Juga: Pelaku Pelecehan di Transjakarta Ditangkap, Pakai Kartu Akses Polri

3. Korban masih di bawah umur

Lagi, Pelecehan Seksual Terjadi di TransJakarta saat Korban TertidurIlustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Arief Rahmat)

Apri mengungkapkan korban yang masih di bawah umur ini perlu pendampingan dari orang tua ataupun keluarga, saat melaporkan kepada polisi.

"Mengingat makin maraknya kasus pelecehan seksual di transportasi publik, TransJakarta akan selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam berikan layanan kepada masyarakat, dengan meningkatkan pengamanan di dalam bus," ujar dia.

Sebelumnya, seorang penumpang bus TransJakarta juga mengalami pelecehan seksual saat melakukan perjalanan rute Monas-Pulogadung pada Senin (20/2/2023) malam.

Peristiwa tersebut diungkapkan korban berinisial H melalui media sosial Twitter-nya, berserta video detik-detik penangkapan terduga pelaku hingga viral di media sosial.

Pelaku sempat berhasil kabur saat ditangkap petugas TransJakarta, namun tidak lama kemudian kepolisian akhirnya menangkap pelaku.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya