Menkes: Tolok Ukur RSCM Bagus Jika Presiden Sakit Dirawat di Sini

Menkes resmikan gedung Kinagara

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresmikan Gedung Baru RSCM berstandar Internasional Kanigara atau Central Medical Unit (CMU) 3 di, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

“Saya tadi berkeliling melihat gedung ini sudah beroperasi, ICU sudah dipakai, ruang operasi juga sudah dipakai, rencananya akan punya 36 ruang operasi, 18 sudah selesai dibangun, dan bisa dipakai untuk BPJS Kesehatan dan (ruangannya) bagus, terang,” ujar Budi pada awak media.

1. Layanan kurang baik jika orang kaya lari ke Singapura untuk medical chek up

Menkes: Tolok Ukur RSCM Bagus Jika Presiden Sakit Dirawat di SiniIDN Times/Margith Juita Damanik

Budi berpesan agar RSCM memberikan layanan terbaik serta terus berinovasi dan menyediakan teknologi yang tidak kalah dengan luar negeri.

"Saya titip layanan harus jadi yang terbaik, gampang bu ngukurnya, semoga gak mudah-mudahan gak. Jika suatu saat ada menteri, presiden gak dirawat di RSCM artinya layanan gak baik, buktinya gak mau," ujarnya.

"Jika nanti dokter Dante bisa cabut gigi, medical chek up, kalau masih di Singapura artinya rumah sakit kita belum baik. Apakah menteri kita, presiden kita dan orang-orang kaya mau dirawat sini apa gak," imbuhnya.

Baca Juga: Menkes Resmikan Jababeka Medical, Rumah Sakit Standar WHO di Bekasi

2. Gedung Kanigara dibangun selama empat bulan

Menkes: Tolok Ukur RSCM Bagus Jika Presiden Sakit Dirawat di SiniMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan RSCM Kanigara, Jumat (3/3/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Budi menerangkan gedung baru yang selesai dibangun dalam kurun waktu 4 bulan ini, merupakan pusat pengembangan untuk layanan unggulan dan prioritas seperti Layanan Transplantation Center, Layanan Advanced Diabetes Center terdiri dari Layanan Pusat Pengampu (Diabetes Mellitus, Uronefro, dan Gastro Hepato), Layanan Bedah, dan Layanan Intensive Care Unit (ICU) yang terpusat.

Pelayanan yang terpusat, dapat memudahkan koordinasi antar dokter, sehingga pelayanan kesehatan jadi lebih efektif dan efisien.

3. PUPR pastikan pembangunan gedung penuhi berbagai aspek

Menkes: Tolok Ukur RSCM Bagus Jika Presiden Sakit Dirawat di SiniRSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Sementara Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti yang mewakili Menteri PUPR  berharap pembangunan gedung baru tersebut dapat mendukung pelayanan kesehatan yang paripurna.

Pembangunan gedung Kinagara berada di bawah pengawasan langsung dari Kementerian PUPR. Pembangunan Gedung Kanigara dan pelayanan bedah dan ICU RSCM harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya memenuhi standar teknis, pemenuhan sarana dan prasarana RS, serta tertib administrasi.

“Seluruh aspek ini telah kita penuhi sehingga bangunan ini bisa menjadi wadah pelayanan yang nyaman dan aman bagi penggunanya,” ujar Diana.

 

Baca Juga: RSCM Terjunkan Tim Penyakit Langka Tangani Obesitas Bayi Kenzi Bekasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya