Menkominfo: 1 dari 3 Orang di Dunia Pilih Tidak Terhubung Internet

DEWG G20 Indonesia akan berikan rekomendasi

Labuhan Bajo, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengungkapkan berdasarkan data International Telecommunication Union (ITU) pada 2022, satu dari tiga orang di dunia memilih tidak terhubung ke internet.

"Karena tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tidak memahami bagaimana pemanfaatan internet semestinya," ujar Johnny di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Sri Mulyani Semringah Biaya Internet Pemerintah Meningkat

1. DEWG G20 akan berikan rekomendasi dan kebijakan

Menkominfo: 1 dari 3 Orang di Dunia Pilih Tidak Terhubung InternetMenteri Komminfo Johnny G. Plate mem DEWG Presidensi G20  di Hotel Meruorah Komodo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/07/2022)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Mengacu pada kondisi tersebut, Johnny berharap, pada pertemuan ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) ini akan mendiskusikan tiga deliverablesi, yang meliputi rekomendasi dan kebijakan untuk meningkatkan keterlibatan kaum rentan dalam ekonomi digital, G20 toolkit on digital skills and digital literacy dan workshop, rangkuman praktik dan kebijakan untuk keterampilan digital tingkat lanjutan serta literasi digital.

"Kami berharap pertemuan kali ini memfasilitasi ruang berbagi pandangan delegasi DEWG G20 dalam membahas deliverables tersebut," ungkap Johnny.

2. Pertukaran data lintas batas negara akan semakin meningkat

Menkominfo: 1 dari 3 Orang di Dunia Pilih Tidak Terhubung InternetMenteri Komminfo Johnny G. Plate membuka DEWG Presidensi G20  di Hotel Meruorah Komodo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/07/2022)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Menkominfo menegaskan semua deliverables itu sangat relevan dalam mewujudkan suatu ekosistem ekonomi digital global, dan ekonomi dunia yang semakin inklusif.

"Hal itu sejalan dengan upaya pemenuhan kebutuhan keterampilan dan kecakapan digital pertukaran data lintas batas negara akan semakin meningkat," ujarnya.

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

3. Konektivitas digital salah satu instrumen utama pemulihan dunia pasca-pandemik

Menkominfo: 1 dari 3 Orang di Dunia Pilih Tidak Terhubung InternetPetugas kesehatan mendampingi pasien COVID-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tiba di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Pertemuan ketiga atau 3rd DEWG Meeting merupakan lanjutan dari pertemuan DEWG sebelumnya, yang membahas peran konektivitas dalam pemulihan pasca-pandemik COVID-19 sebagai isu prioritas pertama DEWG. 

Melalui diskusi yang ada, delegasi negara anggota G20 telah mengutarakan keinginan untuk mengoptimalkan konektivitas digital, sebagai salah satu instrumen utama pemulihan dunia pasca-pandemik.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya