Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Tahap I di Banten Hampir 100 Persen

Kemensos mempersiapkan penyaluran tahap II

Jakarta, IDN Times  - Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengungkapkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap 1di Provinsi Banten hampir 100 persen sudah tersalurkan dengan baik. Saat ini Kementerian Sosial bersiap untuk penyaluran tahap II.

Di Kabupaten Serang penyaluran BST bagi 110 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan, di Provinsi Banten menyasar 400 ribu KPM, serta seluruh Indonesia 9 juta KPM.

“Sepanjang penyaluran BST, saya meninjau pelaksanaannya semakin baik, cepat dan sesuai sasaran. Kalau ada satu dua dari seribu belum tepat, itu wajar tapi tidak seheboh yang diberitakan,” ujar Mensos dalam siaran tertulis Minggu (31/5)

1. Penerima bansos diserahkan pada pemda

Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Tahap I di Banten Hampir 100 PersenMensos Juliari P Batubara cek distribusi Bansos (Dok. Kemensos)

Terkait penerima BST, semua diserahkan kepada pemerintah daerah (pemda), sebab pemda lah yang lebih tahu kondisi warganya.

“Pemda diberi keleluasan mengatur siapa saja berhak menerima bansos, verifikasi dan validasi data. Kemensos bertugas menganggarkan dan menyalurkan,” kata Mensos.

Baca Juga: Kemensos: Warga Bisa Tukar Sembako Bansos yang Kualitasnya Tidak Bagus

2. Total penyaluran BST tahap 1 di Kecamatan Bojonegara 4.894 KPM

Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Tahap I di Banten Hampir 100 PersenSejumlah warga antre tanpa menjaga jarak fiisk saat pengambilan bantuan sosial tunai (BST) Kemensos di tengah berlanjutnya wabah COVID-19 di Kelurahan Randugunting, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (19/5). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pada kesempatan itu, BST disalurkan bagi 743 KPM di 10 Kelurahan, yaitu Kelurahan Karang Kepuh, Ukir Sari, Mekarjaya, Lambangsari, Mangkunegara, Kertasana, Bojonegara, Pengarengan, Wanakarta, serta Margagiri.

“Total penyaluran BST tahap 1 di Kecamatan Bojonegara sejumlah 4.894 KPM mencakup 11 Kelurahan. Per hari ini, disalurkan bagi 3.923 KPM,” kata dia.

3. BST disalurkan sampai Desember

Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Tahap I di Banten Hampir 100 PersenKemensos Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Tangerang, Sabtu ( 25/4)/ dok Kemensos

Juliari menyampaikan pesan kepada beberapa KPM yang menerima BST agar bantuan yang diberikan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak digunakan untuk keperluan lain seperti membeli rokok.

“BST diberikan 3 bulan dan Presiden memerintahkan kepada kami agar dilanjutkan sampai Desember dengan nominal berkurang jadi Rp300 ribu karena akan banyak bansos-bansos lain,” ucap Mensos.

4. BST meringankan beban warga di saat pandemik COVID-19

Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Tahap I di Banten Hampir 100 PersenMensos Juliari P Batubara cek distribusi Bansos (Dok. Kemensos)

Salah seorang penerima BST, Fathul Arifin, warga Desa Ukirsari, Kecamatan Bojonegara mengaku kaget bisa menerima BST yang sangat meringankan beban di saat pandemik COVID-19.

“Alhamdulillah bisa terima undangan untuk mengambil BST, tapi setahu saya yang mengajukan pemerintah desa semuanya mengurus. Terima kasih kepada Menteri Sosial dan pemerintah yang telah memperhatikan warga seperti saya,” ucap Arifin.

Hal senada diungkapkan Dayat (75) warga Kampung Kalilanang Desa Mekarjaya, senang bisa menerima bantuan dan pertama kali tahu dari RT setempat.

“Saya berterima kasih sekali mendapatkan BST, itu sangat membantu kebutuhan hidup sehari-hari karena saya kerja serabutan dengan penghasilan yang tidak tetap. Terima kasih pemerintah,” ujar Dayat.

Baca Juga: Kisruh Mobil Bantuan BNPB, PDIP Singgung Rivalitas Risma VS Khofifah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya