Muhadjir Effendy Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Azyumardi Azra

Peti jenazah dibawa oleh sejumlah pasukan TNI

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin upacara pelepasan jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022) pagi.

Berdasarkan pantauan IDN Times, peti jenazah dibawa oleh sejumlah pasukan TNI dengan iringan marching band menuju liang lahat, tempat persemayaman terakhir Azyumardi Azra.

Keadaan kemudian menjadi hening saat Muhadzir mulai memimpin upacara. Tak berlangsung lama, suara tembakan dari tim penembak salvo mengiringi jenazah Azyumardi ke liang lahat yang kemudian diiringi isak tangis keluarga.

Nampak hadir saat pemakaman Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar yang bertindak sebagai pembaca doa. Ratusan pelayat juga nampak menghadiri pemakamannya.

Sekadar diketahui, Azyumardi Azra tutup usia di rumah sakit di Malaysia karena gangguan kesehatan. Ketua Dewan Pers itu sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Malaysia.

Adapun ketika itu Azra tengah melakukan kunjungan kerja di Malaysia. Indonesia pun kehilangan atas kepergian beliau yang selama ini dikenal sebagai salah seorang cendikiawan muslim Tanah Air.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber Dunia

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya