Pedagang Kini Bisa Sewa Kios Pasar di Jakarta Lewat Aplikasi

Sebanyak 156 pasar ditargetkan sudah terapkan digitalisasi

Jakarta, IDN Times - PD Pasar Jaya dan Bank DKI meluncurkan aplikasi “JaKios” untuk mengawali program Pasar Jaya Go Digital. Aplikasi ini dirancang agar proses penyewaan dan penjualan kios pasar menjadi lebih mudah dan efisien.

Program digitalisasi ini merupakan kerja sama antara PD Pasar Jaya, Bank DKI, dan PakeKTP dalam mengimplementasikan program digitalisasi pasar tradisional di ibu kota.

"Jadi, dari calon pedagang memprosesnya akan lebih cepat dan teman-teman yang lain pun bisa lebih melengkapi data lebih valid. Kami menghindari adanya fraud atau kecurangan di sana-sini,” ujar Direktur Utama PD Pasar Jaya Tri Prasetyo di Pasar Kramat Jati, Selasa (21/3/2023)

1. Bantu memproses penyewaan kios lebih cepat

Pedagang Kini Bisa Sewa Kios Pasar di Jakarta Lewat AplikasiDigitalisasi Pasar Jaya di Pasar Kramat Jati, Selasa (21/2/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tri mengungkapkan melalui aplikasi tersebut, calon pedagang pasar dapat dengan cepat menelusuri kios yang tersedia, melihat harga sewanya, melakukan reservasi, dan juga pembayaran.

"Aplikasi ini membantu para pedagang untuk memproses penyewaan kios lebih cepat," katanya.

Baca Juga: 5 Pasar Tradisional Tertua di Surabaya, Tak Lekang oleh Zaman

2. Transformasi digital pasar tradisional

Pedagang Kini Bisa Sewa Kios Pasar di Jakarta Lewat AplikasiCEO PakeKTP Husein Mahardika Permana/IDN Times Dini Suciatiningrum

Sementara itu, CEO PakeKTP Husein Mahardika Permana menyatakan pihaknya mendukung transformasi digital pasar tradisional dengan solusi sistem yang sejalan dengan program pemerintah.

“Aplikasi JaKios adalah contoh yang sangat baik dari komitmen kami. Tujuan utama kerja sama ini adalah untuk mendukung digitalisasi pasar menciptakan lingkungan pasar yang lebih efisien, modern, dan dapat memajukan para pedagang pasar tradisional,“ kata Husein.

3. Sebanyak 156 pasar di DKI Jakarta terapkan digitalisasi di akhir tahun

Pedagang Kini Bisa Sewa Kios Pasar di Jakarta Lewat AplikasiDigitalisasi Pasar Jaya di Pasar Kramat Jati, Selasa (21/2/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Husein menargetkan sebanyak 156 pasar di DKI Jakarta nantinya sudah melakukan digitalisasi tahun ini. Pihaknya juga akan terus melakukan edukasi digitalisasi pada para pedagang.

"Jadi hari ini cukup bersejarah juga bagi kita karena pasar tradisional menuju era modern yang digital. Semoga apa yang kita bikin ini mengembangkan mitra ekonomi kita, UMKM kita untuk lebih maju lagi dan juga untuk para pelanggan yang datang ke pasar lebih nyaman dalam bertransaksi," katanya.

Baca Juga: KPK Panggil Tenaga Ahli PD Pasar Jaya Hercules Kasus Suap Perkara MA

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya