Pemprov DKI Kerahkan 700 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

Pemprov DKI pastikan hewan kurban sehat

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengerahkan 165 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang akan bertugas saat Idul adha 1444 Hijriah. Secara keseluruhan, petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban pada saat penyembelihan berjumlah 700 orang. 

Petugas tersebut merupakan tim gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, jajaran dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta, Perumda Dharma Jaya, dan didukung Asosiasi Juru Sembelih Halal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) DKI Jakarta.

Selain itu, untuk mengamankan proses pemotongan hewan kurban juga akan melibatkan jajaran dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP DKI Jakarta.

 “Mohon dukungan dari seluruh petugas untuk bisa melakukan tugasnya,” ujar Heru, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: Ribuan Hewan di Depok Belum Layak Kurban, Ditemukan Gejala LSD-PMK

1. Hewan kurban dicek secara teliti

Pemprov DKI Kerahkan 700 Petugas Pemeriksa Hewan KurbanPJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas ratusan petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru mengapresiasi seluruh petugas yang akan bertugas, dan berharap seluruh prosesnya berjalan lancar. 

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas. Semoga apa yang kita harapkan semua berjalan dengan baik, hewan-hewan kurban bisa diteliti, dicek, dan tentunya harapan kita adalah semuanya sehat dan tidak ada kendala di lapangan,” kata dia.

2. Pemprov DKI sudah periksa 61.850 ekor hewan kurban

Pemprov DKI Kerahkan 700 Petugas Pemeriksa Hewan KurbanIlustrasi hewan kurban. (dok. IDN Times/Istimewa)

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta telah memeriksa 61.850 ekor hewan kurban, sehingga dipastikan kondisi hewan yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan lengkap. 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan 13 persen dari 2022. Sementara itu, hewan kurban yang sudah didaftarkan untuk pemotongan naik sekitar 57 persen, menjadi 52.000 ekor.

Baca Juga: [FOTO] Pasar Kambing Makkah, Tempat Beli-Sembelih Hewan Dam dan Kurban

3. Hewan kurban di Jakarta relatif aman dan sehat

Pemprov DKI Kerahkan 700 Petugas Pemeriksa Hewan KurbanIlustrasi pemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menambahkan, sebanyak 700 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban akan bertugas saat Idul adha.

“Kalau dari awal sejak 5 Juni 2023 untuk antemortem yang dikerahkan dari petugas internal Pemprov DKI Jakarta. Hewan kurban di Jakarta relatif aman dan sehat untuk disembelih atau dikurbankan," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya